Thursday, August 11, 2016

Dokter Laksmi, Dokter Anak Konselor Laktasi Yang Pro ASI, Pro NWP, Pro Tandem Nursing di Surabaya

Dr. Laksmi Suci Handini, Sp. A., Dokter spesialis anak pro ASI, yang RUM (Rational Use of Medicine) dan bersedia memfasilitasi tradisi sunnah keluarga untuk melakukan sunat pada bayi perempuan.


Saya mengenal dokter ini sebenarnya secara kebetulan. Saya tertarik dengan dokter Laksmi, karena menurut info yang saya dapat, dokter Laksmi ini Pro ASI.

Sehingga saat melahirkan si kakak, maupun si adik saya request dokter laksmi sebagai dokter anak pilihan kami kepada pihak rumah sakit tempat saya melahirkan.

Benar saja bahkan saat saya hamil anak ke dua dokter laksmi ini juga menyatakan mendukung keputusan saya untuk tetap menyusui selagi hamil (NWP), asal sikon kehamilan saya sehat dan keputusan NWP sudah seizin dokter kandungan saya.

Dokter Laksmi ini, juga benar-benar memantau tumbuh kembang si kakak selama proses saya NWP. Setelah adik lahir pun, dokter laksmi tetap memberikan dukungan kepada saya untuk melanjutkan tandem.


Bahkan, ketika saya mengalami masa-masa awal sulit menyusui si adik, dokter laksmi ini cukup memberikan support. Beberapa kali saya meminta nasehat dan bantuan kira-kira apa yang salah dengan proses menyusu si adik dan kenapa tak semudah si kakak.

Jika ingin berkonsultasi mengenai proses menyusui dokter laksmi selalu menyarankan saya mencari waktu selain sabtu, alasannya agar tidak banyak pasien yang antri, sehingga lebih nyaman konsultasinya.

Saat saya memutuskan tandem nursing pun, dokter laksmi ini tetap mensuport saya, sembari selalu mengingatkan agar mendulukan ASI adik yang masih ASI eksklusif, dan tetap memantau tumbuh kembang si kakak.

Oh ya hal penting lainnya, dokter laksmi ini juga memfasilitasi keinginan orang tua pasien yang meminta tolong bayi perempuannya menjalani tradisi sunnah untuk disunat. Eit jangan salah pengertian dulu, sunat anak perempuan disini tidak seperti yang digembor-gemborkan mengerikan. Tidak ada yang namanya pisau atau gunting, dan tentunya tidak ada bagian yang dilukai sama sekali. Dokter laksmi hanya menggunakan jarum streril untuk menggores tipis kulit ari yang ada pada bagian klitoris.

Menurut dokter laksmi, beliau berkenan memfasilitasi keinginan para orang tua tersebut agar tidak menjadi resiko membahayakan jika dilakukan oleh pihak-pihak yang justru tidak mengerti tentang medis.


Oh ya, untuk pengobatan yang Rational Use of Medicine (RUM), dokter laksmi ini termasuk yang pro RUM juga. Dokter laksmi tidak pernah dengan gampangnya memberikan antibiotik jika tidak benar-benar dibutuhkan. Pernah sekali saya bertemu dengan dosen farmasi yang mengantar cucunya berobat didokter Laksmi dengan alasan cocok karena dokter Laksmi pro RUM nggak sembarangan kasih obat.

Sisi unik lainnya yang saya dapati dari dokter laksmi ini, beliau juga tidak akan sembarangan asal menyarankan cek lab ambil darah, jika memang tidak benar-benar dibutuhkan sekali. Alasannya beliau kasihan jika anak kecil apalagi bayi harus diambil darah bolak balik, nanti malah bikin trauma.

Untuk urusan support ASI, dokter laksmi ini termasuk luar biasa, sampai bisa bikin "keder" beberapa teman yang anaknya tidak minum ASI. Menurutnya, dokter laksmi ini termasuk galak dalam hal ASI. Ah saya mikirnya tegas kali ya. Sehingga untuk beberapa teman yang anaknya nggak minum ASI biasanya takut kembali lagi ke dokter laksmi. hihihi...

Semangat ASI ya dokter...

7 comments:

  1. Wah kayaknya jarang banget ya, Mbak, ada dokter yang kayak gini. Bener-bener amanah sama tugas yang beliau emban kalau dari deskripsi tulisan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, insya Allah dokter Laksmi ini amanah banget

      Delete
  2. saya awal melahirkan dulu saay browsing dokter kandungan juga mencari dokter yang PRO Asi . krn saya ingin menyusui dan butuh suppport dari sang dokter. dokter Laksmi ini kayaknya pas ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak dokter laksmi ini dokter anak konselor laktasi

      Delete
  3. biayanya dlu berapa pas laktasi d dr laksmi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dulu konsulnya sekalian pas kontrol anak, untuk biaya sih jadi satu waktu itu. tapi kalo konsul khusus laktasi saja coba ditanyakan ke rshu mbak

      Delete
  4. biayanya waktu laktasi d dr laksmi brp?

    ReplyDelete