Thursday, August 25, 2016

Resep Chicken Nugget ala Buk Poh

Sebenernya saya dirumah termasuk yang nggak jago masuk. Namun beberapa kali dipaksa untuk jago masak. Kali ini saya mendapat resep Ayam Chicken Nugget dari Buk Po nya Duo Al alias Tante saya.

Setelah saya baca ternyata resepnya tidak terlalu sukar untuk saya yang nggak jago masak.

Begini tulisnya melalui whatsapp

Bumbu :
Merica
Bawang Putih 5 siung
Brambang Goreng (Bawang Merah Goreng) 8 siung
Garam
Masako (Mengingat saya masak untuk anak-anak biasanya masako saya skipp).
Bisa ditambahkan Cabe Rawit kalo ingin pedas.

Bahan :
Ayam 1/2 kg (setengah kilo)
Wortel
Daun Bawang
Telur 2 biji
Kentang (boleh pakai boleh tidak)
Tepung Terigu
Tepung Roti
Baking Soda
Tepung Tapioka 1 sendok makan

Langkah Pembuatan :
Haluskan semua bumbu yang disediakan
Untuk Wortel diparut
Daun bawang Dirajang
Rebus kentang
Kemudian potong ayam menjadi kecil-kecil dan blender bersama kentang.


Setelah itu, campur semua bahan menjadi satu termasuk telur dengan bumbu yang sudah dihaluskan, dan tepung terigu dengan takaran 200 gram untuk 1/2 kg Ayam serta Baking Soda 1 sendok teh. Aduk hingga tercampur.


Sekilas saya membacanya ternyata hampir sama dengan masakan saya tempo hari yang saya sendiri nggak tau namanya. Bedanya waktu itu saya nggak pake baking soda dan nggak pake tepung roti. Untuk wortel juga saya blender tanpa air menggunakan blender kecil alias chopper kali ya nyebutnya. Maklum saya nggak mau ribet keburu duo Al tereak-tereak ngajakin maen. Hal lainnya yang berbeda waktu itu saya juga menambahkan tepung maizena.


Setelah diaduk semua masukkan ke dalam loyang dan kukus hingga matang. Saya sih biasanya ngukus kurang lebih 15-20 menit.


Kemudian biarkan sebentar hingga dingin. Potong-potong sesuai selera. Celupkan kedalam putih telur kemudian guling-gulingkan diatas tepung roti.




Taraaa jadi deh nanti tinggal goreng saja sebelum disajikan. Menurut tante saya nanti kalo nggak mau langsung goreng bisa disimpan dulu didalam freezer itung-itung buat stok lauk di freezer kan lumayan.


Tengkyu ya Buk Poh Nung buat resep chicken nuggetnya. Bisa langsung eksekusi nih. Lumayan buat tambahan stok lauknya duo Al yang doyan nyemil *chicken nugget mah kalo di kita buat cemilan...hihihi...

Selamat Mencoba 😉

***noted : semua tulisan resep baik bumbu maupun bahan serta gambar merupakan hasil whatsapp saya dengan tante saya***

Ternyata setelah tulisan ini publish dan dibaca tante saya lalu tiba-tiba beliau whatsapp lagi sambil buru-buru ngechat "vet lupa ada tambahan tepung tapioka 1 sendok makan". Eaaaaaaaa...hihihihi...

Tapi menurut beliau seandainya nggak ditambahin tepung tapioka pun nggak masalah...
Baiklah next mau coba perbandingan pake tepung tapioka dan tidak ;)

2 comments:

  1. Wuuuh enaaaak. Lemparin sini dong Mbakk

    ReplyDelete
  2. woow... enaknya... gambar tapi yaa... cba klo asli.. hmm :D

    ReplyDelete