Sunday, August 21, 2016

Resep Membuat Nasi Krawu KW

Untuk yang pernah mengunjungi kota Gresik di Jawa Timur pasti pernah mencicipi makanan khas Gresik ini. Sayangnya saat kembali ke kota masing-masing jarang ada penjual makanan nasi krawu ini. Entah apa alasannya mungkin salah satunya karena menurut beberapa pihak harga bahan bakunya yang selangit, dan jika dibuat paket hemat rasanya kurang mendekati masakan aslinya.



Saya pribadi sering merindukan nasi krawu ini. Beberapa kali mencoba beli yang di pinggir jalan ternyata rasanya nggak senampol yang ada di kota Gresik. Selalu tidak puas dengan porsi nasi seabreg dan lauk sekelumit.

Bersyukur alhamdulillah beberapa waktu lalu ibu saya sempat berguru membuat nasi krawu kepada salah satu kerabatnya yang memiliki depot nasi krawu di Gresik. Nggak puas berguru di satu tempat, ibu saya juga berguru di salah satu pegawai tetangga yang dulu pernah bekerja di salah satu depot nasi krawu.

Ternyata bumbunya sangat sederhana. Ini berbeda jauh dengan resep nasi krawu yang sering saya jumpai di internet yang lebih komplit dan rumit. Entah resep mana yang benar, yang pasti saya merasa dengan resep yang dibagi ibu saya tersebut rasanya hampir menyerupai aslinya. Sehingga saking simplenya resepnya saya menyebutnya resep nasi krawu KW

Oh ya disini saya menyebut resep nasi krawu KW karena resep ini hanya terdiri dari cara membuat lauk daging yang terdapa pada menu nasi krawu, tanpa serundeng alias krawunya (krawu = serundeng = parutan kelapa) dan sambelnya ya. Gimana ini nasi krawu kok tanpa krawu? Yah nggak apa-apalah...sementara kita belajar bikin lauknya dulu, bertahap nanti sambelnya (kalo sempat) baru krawunya :D

Kalo kata suami saya itung-itung buat tombo pengen (pengobat rindu).

Berikut bahan yang digunakan. Saya nggak pake itungan takaran gram-gram an ya, karena pas bikin cuman berdasarkan feeling secukupnya. Yang pasti bahan utama daging paling nggak butuh sekilo biar jadinya agak banyak. kalo setengah kilo bisa-bisa cuman sekali makan.

Bahan Utama Daging Sapi

Bumbu untuk merebus
- Kayu Manis bentuk batang
- Daun Salam beberapa lembar
- Garam

Bumbu untuk menumis
- Bawang Merah
- Bawang Putih
- Gula Merah atau Kecap (*pilih salah satu)

Caranya

Langkah Pertama
Didihkan air dalam panci. Setelah mendidih masukkan daging sapi kedalam panci. Kemudian tambahkan kayu manis berbentuk batang dan beberapa daun salam. Jumlah kayu manis dan daun salam sesuai selera ya. Untuk 1 kg daging saya dulu hanya menggunakan 1 batang kayu manis ukuran besar atau 2 ukuran kecil dan 2-3 lembar daun salam.
Rebus daging hingga empuk.

Langkah Ke 2
Setelah daging empuk matikan api. Kemudian biarkan agak dingin terlebih dahulu, baru suwir-suwir daging sapi memanjang.

Langkah Ke 3
Untuk bumbu menumis ada dua pendapat. Menurut kerabat ibu saya bawang merah dan bawang putih yang digunakan bisa langsung potong kecil-kecil dan ditumis

Sedangkan menurut tetangga ibu saya, lebih enak bawang merah dan putih tersebut digoreng terlebih dahulu.

Kalo saya dulu lebih memilih bawang merah putih saya goreng sebentar. bentuk utuh terlebih dahulu. Kemudian sedikit saya potong kecil-kecil sebelum akhirnya saya tumis. Saya pilih potong kecil-kecil bukan blender untuk nyari cara simpelnya sih. Saya pribadi memang jarang memblender bumbu-bumbuan buat nyari instannya aja, maklum keburu kakak adik tereak-tereak.

Langkah Ke 4
Tumis sebentar bumbu bawang merah putih hingga tercium bau harum, kemudian segera masukan suwiran daging sapi yang sudah kita siapkan sebelumnya. Sambil tak lupa tambahkan potongan gula merah ke dalam tumisan daging tersebut. Jika tidak ada gula merah kita bisa beralih menggunakan kecap. Semua tergantung selera. Menurut ibu saya jika selera nasi krawu kita lebih ke arah manis maka disarankan menggunakan gula merah saja. Namun jika kita lebih suka condong ke rasa asin maka bisa menggunakan kecap (manis) saja dimana nantinya hasilnya tak semanis jika kita menggunakan gula merah.

Langkah Ke 5
Tambahkan sedikit air rebusan daging yang tadi kita gunakan merebus daging bersama kayu manis dan daun salam. Kemudian biarkan sampai airnya berkurang. Matikan Api.

Ambil sedikit daging sapi suwiran tersebut tambahkan nasi putih secukupnya dan jadilah nasi krawu KW ala home made.

Oh ya untuk yang suka bereksplorasi juga bisa mengganti daging sapi dengan daging ayam lo. Kalo pas tanggal tua saya dulu beberapa kali pernah nyoba sih.

Karena saya nggak jago-jago banget masak seperti ibu-ibu pada umumnya, maka buat saya hasil nasi krawu KW ini rasanya lumayan lah, cukup bisa mengobati rasa rindu saya kepada nasi krawu khas Gresik yang endes gulindes.

4 comments:

  1. Replies
    1. Iya mbak, aku sampe bengong dan protes ke ibuku. kok cuman itu doang ga kayak di google...hihihi...

      Delete