Friday, October 7, 2016

Bebas Tertawa Ceria Saat Bepergian Bersama Tempra

[Lomba Blog]
Belajar dari pengalaman saat pertama kali berpergian bersama, kami tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama harus panik ketika tiba-tiba kakak suhu badannya tinggi. Padahal sehari sebelumnya tidak ada yang salah dengan kondisi kesehatan kakak. Dari situ saya dan suami berusaha menyiapkan segala sesuatu "dengan benar" agar acara bepergian atau liburan kami tidak menjadi kacau. Selain mencari hotel dan transportasi yang nyaman, tak lupa kami memperhatikan segala keperluan yang akan kami bawa. Mulai baju OOTD (Outfit Of The Day) untuk keperluan narsis alias dokumentasi pribadi selama bepergian atau liburan, camilan anak-anak, sampai Tempra Syirup. Tempra cepat menurunkan demam sehingga dipercaya oleh seluruh ibu di Indonesia dan sering direkomendasikan secara turun temurun oleh para orang tua (nenek) untuk membantu mengobati anak yang sedang panas.


Masih ingat sekali ketika kakak berusia 7 bulan, disitu saya benar-benar masih baru dalam mempersiapkan segala hal yang menyangkut kebutuhan kakak saat ikut bepergian bersama kami. Pikir saya apotek ada dimana-mana, sehingga saya tidak perlu susah-susah membawa stok obat-obatan yang ada dirumah.

Faktanya, satu hari setelah tiba di hotel suhu badan kakak panas tinggi. Saya mencoba santai dengan berusaha mencari apotek terdekat dengan hotel. Sayangnya saat itu hanya ada satu apotek yang dekat dengan hotel tempat kami menginap, dan karena hari itu weekend maka apotek tutup. Asli sumpah saya dan suami bingung nggak karuan.

Saya pun hanya bisa pasrah memberi pertolongan pertama dengan skin to skin, dan mengompres kakak menggunakan kain seadanya. Sembari berharap panas kakak segera turun.

Keesokan harinya karena "tangan meter" saya menunjukkan kondisi kakak yang belum turun juga panasnya membuat saya segera berinisiatif membawa kakak ke tempat praktek dokter terdekat. Kecerobohan saya saat itu bahkan termometer pun saya tidak bawa. Sehingga saya hanya bisa mengandalkan feeling dari sentuhan tangan saya.

Lagi-lagi hal menyebalkan terjadi, kalo sebelumnya kami tidak menemukan apotek dan obat yang kami cari, kali ini kami kebingungan mencari tempat praktek dokter oleh sopir taksi yang sepertinya memang niat mengajak kami berputar-putar terlebih dahulu. Hingga akhirnya suami saya pun marah besar dengan si sopir taksi, "kalo memang nggak tau tempatnya bilang dari tadi jangan sok tau tapi muter-muter nggak jelas! Ini anak kami lagi panas tinggi kali pak!". Disitu akhirnya si sopir taksi benar-benar serius mencari lokasi tempat praktek dokter yang kami tuju, dan memang benar seharusnya hanya perlu waktu tak sampai 10 menit untuk tiba ditempat dokter. Oalahhh pakkk...mau ngajakin jalan-jalan itu mbok ya lihat-lihat sikon dulu! Mungkin dikiranya kami turis yang nggak tau mana-mana kali ya. Pak-pak sekarang ada google map kali...-_-

Ah jadi agak keki dan kesal kalo ingat kejadian itu...

Dulu saya memang malas jika harus ribet membawa tetek bengek termasuk obat penurun panas anak kemana-mana. Alasannya dulu obat penurun panas anak yang saya kenal kebanyakan berbotol kaca. Sehingga selalu ada bayangan menghantui, jika botol kaca pecah dan isi obat panas akan tumpah berhamburan didalam tas atau koper. Bisa berabe kan kalo pecahan botol kaca obat terhambur didalam tas apalagi di koper yang berisi baju.

Nggak Bisa Bayangin Kalo Botol Obat Kaca Pecah di Dalam Tas
Hingga akhirnya saya mendapat info dari salah seorang teman, ada obat panas yang memiliki kemasan botol plastik, sehingga aman jika harus dibawa kemana-mana. Teman saya menyebut merk Obat bernama Tempra syirup.

Selain itu menurut teman saya tutup botol Tempra syirup ini memiliki pengaman ganda. Jika botol lainnya hanya dengan memutar biasa tutupnya sudah bisa terbuka, maka untuk membuka botol Tempra syirup ini kita harus memutar sambil menekan tutup nya. Sehingga bisa memininalisir obat tumpah karena tutupnya diputar-putar untuk dibuat mainan oleh anak-anak.

Adik yang Penasaran dengan Botol Tempra Syirup
Tak sampai disitu menurut testimoni beberapa teman, Tempra syirup dianggap lebih cepet menunjukkan efek kerja obatnya ketimbang obat panas merk sebelah. Menurut asumsi saya, testimoni teman saya tersebut masuk akal. Melihat dari segi harga dengan bandrol HET (Harga Eceran Tertinggi) Tempra  syirup Rp. 40.288,- untuk ukuran botol 60 ml, saya berasumsi kemungkinan Tempra syirup memiliki bahan pelarut sekaligus pembawa yang bekerja lebih bagus dari merk obat penurun panas lainnya. Tempra Bekerja Langsung di Pusat Panas.

Tak hanya Cepat bekerja langsung di pusat panas, Tempra dengan komposisi Paracetamol Aman Tidak Menimbulkan Iritasi Lambung.

Dari pengalaman saya belajar banyak. Kini setiap saya dan suami mengajak anak-anak bepergian entah hanya sekedar staycation untuk berenang di hotel ataupun travelling maka saya tak boleh lupa membawa obat penurun panas, seperti Tempra syirup.

Belajar Dari Pengalaman, Kami Tak Ingin Keceriaan Ini Terganggu
Begitu juga ketika suami sedang ada pekerjaan diluar kota, kebetulan saya dan anak-anak sering diajak ikut mendampingi. Pernah sekali saat berangkat tidak ada tanda anak-anak akan panas, namun mungkin karena perubahan situasi, cuaca maupun lingkungan tiba-tiba kakak sedikit meler hidungnya dan panas badannya. Padahal kakak sudah antusias minta berenang keesokan paginya.

Berhubung sudah sedia stok Tempra syirup, saya pun tak perlu panik apalagi sampai harus merepotkan suami. Alhamdulillah setelah saya minumkan Tempra syirup untuk menurunkan panasnya dan tetesi minyak kayu putih di baju kakak sebagai pelega nafasnya serta istirahat cukup semalaman demi memulihkan tenaga, keesokan paginya kakak sudah sehat. Sehingga tanpa ragu si kakak bisa ceria berenang dan bermain air bersama si adik. Alhamdulillah suami bisa fokus bekerja saya dan anak-anak bisa tenang staycation di hotel sembari menunggu pekerjaan yayahnya selesai sehingga nantinya jika semua urusan pekerjaan sudah beres, kami bisa melanjutkan berlibur bersama.
Cerianya Kakak Adik Bermain Air di Kolam Bersama Yayah
Hal serupa sebenarnya pernah terjadi juga pada adik saat berlibur bersama. Adik yang semula sehat ceria, keesokannya tiba-tiba badannya panas. Namun karena sudah sedia Tempra syirup sebagai obat penurun panas andalan keluarga maka kami tak perlu kuatir. 

Dengan rasa anggur kesukaan kakak, dan tekstur sirup cair (tidak kental) membuat saya tidak perlu menggunakan sesi perang jika harus meminumkan Tempra syirup kepada anak-anak, terutama adik yang sejak awal MPASI selalu "hoek" dengan segala makanan atau minuman bertekstur kental.


Adik Yang Antusias Ikut Menunggu Sesi Minum Obat Tempra
Kemasannya pun menarik untuk anak-anak. Sampai-sampai membuat kakak maupun adik selalu antusias tanpa paksaan minum obat penurun panas Tempra syirup ketika suhu badannya tinggi. Ah, Sehat Terus Ya Kakak-Adik...Biar kita bisa sering-sering liburan seru ;)

Minum Obat dan Istirahat Cukup agar Badan Kembali Sehat

Badan Sehat, Siap Seru-Seruan Bermain Air di Pantai

Bahagia Itu Melihat Kakak-Adik Sehat dan Ceria
Saat Liburan (Bepergian) Bersama


Sebagai tambahan informasi, untuk menyesuaikan dosis yang diperlukan sesuai usia anak, Obat Tempra memiliki 3 jenis kemasan yang berbeda menyesuaikan dengan kategori usia anak, yaitu :
  • Tempra drop dengan rasa Anggur, untuk usia 0-1 tahun.
  • Tempra Syirup dengan rasa Anggur, untuk usia 1-6 tahun.
  • Tempra Forte dengan rasa Jeruk, untuk anak usia 6 tahun ke atas.
Untuk kemasannya pun tak perlu cemas karena ketiganya memiliki kemasan botol plastik anti pecah dan tutup botol dengan pengaman ganda yang anti tumpah. Sehingga kita tak perlu kuatir lagi membawa obat penurun panas kemana pun saat kita sedang menikmati liburan bersama keluarga.


Disclaimer : "Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho."

43 comments:

  1. Kalo liburan kita memang harus sedia obat ya mbak..apalagi kalo bawa anak kecil

    ReplyDelete
  2. Ah, senangnya staycation sama keluarga. Dan bener Mba, sedia Tempra buat jaga jaga kalau tiba tiba si Kecil demam. Stay healthy dan salam buat si Kecil ya Mba...

    ReplyDelete
  3. jd itu yah bekal berpergiannya, tips yg mnarik

    ReplyDelete
  4. Tutup botol yang begitu mamang aman tp kadang bikin senewen klo pas mau cepet2...
    Gudlak ya mbaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, apalagi anak2 sering bikin maenan botol

      Delete
  5. Kalau saya karena anak saya yang alergi, suka kumat tiba tiba. Jadi siap perlengkapan. Dari mulai obat penurun panas sampai alat nebulizer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah lebih lengkap ya mbak persiapannya

      Delete
    2. Iya..tapi repotnya kalau naik umum, Mbak. Breyotan....

      Delete
  6. klo punya anak kecil memang harus sedia obat2an ya saat liburan

    ReplyDelete
  7. Kami juga selalu bawa obat penurun panas jika bepergian, apalagi tiap bulan mudik ke Blitar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak karna kadang pada anak2 demam itu nggak terprediksi

      Delete
  8. Waahh liburan makin seru kl semua sehat ya mba.

    ReplyDelete
  9. Hmmm iya, saya suka ketar-ketir kalau obat anak pakai botol kaca. Lebih riskan buat dibawa-bawa.

    ReplyDelete
  10. Ya ampun aku malah gagal fokus liat anak2 pada ketawa itu. tawanya menular ya keliatan banget kalau happy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Makanya nggak banget kalo pas lagi jalan anak2 pake acara panas atau demam. jangan sampe deh

      Delete
  11. Anak2 kalau demam minumnya juga tempra, yang paling cocok rasanya di lidah mereka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya anakku apalagi apa2 suka warna "purple", cocok wes... 😁

      Delete
  12. seneng ya kalau lagi liburan bawa si kecil terus ngliat mereka bisa ketawa lepas,.,makanya aku juga selalu sedia tempra kalau bepergian jauh.

    ReplyDelete
  13. Obat penurunan panas juga masih selalu saya bawa kalau lagi jalan-jalan bersama anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dimana saja saya selalu stok obat panas, karena terkadang demam suka datang tanpa aba2 -_-

      Delete
  14. Ya ampunn, nyebelin banget pak supirnya >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mbak, itu mungkin kalo nggak dibentak suami ya masih muter-muter nggak karuan kayaknya. Kalo inget itu ya ampun segitu teganya nggak tau kitanya lagi panik apa ya

      Delete
  15. itu adiknya udah gak tahan mau minum obat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak soalnya tertarik sama warna dan kemasannya kayaknya...hihihi

      Delete
  16. Kalau seperti ini mah jadi gak ragu lagi dong ya bu untuk mengajak anak berlibur walaupun ketempat yang lumayan jauh juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget pak, jadi sekarang kalo mau travelling atau bepergian ga perlu terlalu worry lagi

      Delete
  17. Liburan emang seru ya bun kalau bisa bawa anak-anak, tapi kalau mereka demam jadi sedih deh :(
    Pintar-pintarnya kita sebagai ibu yang harus menyiapkan segala sesuatunya agar anak kembali sehat, seperti membawa Tempra yang cepat menurunkan demam anak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget. apalagi anak2 demam kadang suka datang mendadak

      Delete
  18. Moga2 anak2 sehat selalu, Mbak. Memang harus selalu sedia penurun panas ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak obat panas ini termasuk obat yang wajib ada kalo pas perjalanan sama anak2

      Delete
  19. Ihiiiy, asiknya main dipantaiii!!
    Btw emang kemasan tempra ciamik punya, dulu sempat trauma, obat lain pecah pas dimainin Raya, kalau tempra kan aman plus nyaman untuk demam anak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak udah kemasan anti pecah, tutupnya juga anti tumpah karena nggak muda dibuka anak2

      Delete
  20. Kalau libura trus anak sakit rasanya emang gmn gtu ya? Jd ilang mud saat liburan. Untung bawa persediaan obat ya :D

    ReplyDelete
  21. He..he..ada-ada aja mbak ini, itu lho kata "apoteker pribadi"... makasih deh udah bikin saya senyum-senyum & salam kenal ya mbak

    ReplyDelete