Thursday, October 13, 2016

Makna Ulang Tahun Kakak Yang Ke 3

Sejak awal sebenarnya tidak ada rencana untuk merayakan ulang tahun si kakak, karena pikir kami tidak ada yang istimewa dipergantian usianya dari angka 2 ke 3. Apalagi dulunya kami sempat berpikir hanya akan mengadakan syukuran ulang tahun anak-anak (dalam konteks secara besar) di usia kakak ke 1, 2 dan ke 17. Alasannya di ke 3 usia tersebut ada momen istimewa. Namun tahun ini akhirnya kami tetap mengadakan acara syukuran pergantian usia kakak dari angka 2 ke 3 alias Ulang Tahun yang ke 3 dengan beberapa alasan dan banyak pertimbangan.


Beberapa bulan menjelang bulan lahir kakak kami awalnya cuek bebek, tak seperti tahun lalu dimana kami sudah heboh mempersiapkan ini itu demi lancarnya acara syukuran lulus tandem ASI kakak adik. Kebetulan tahun lalu diusia kakak yang ke 2 kakak lulus ASI S3, sedangkan adik lulus ASI S1 diusia 6 bulannya. Sebuah perjuangan yang patut di syukuri menurut saya. Namun apadaya rencana berkata lain, karena suatu hal acara syukuran yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari tersebut gagal dilaksanakan.

Mulai dari DP dokumentasi 1,5 juta yang melayang, dorprize yang terbuang sia-sia, sampai design backdrop photobooth dan design undangan yang dibuatkan Om Viky terlantar nggak kepake. Padahal pas bikinnya saya sampe ubrak-ubrak tiap hari. Maap ya Om. Jujur ada sedikit sakit mengingat kegagalan tersebut, namun saya selalu berusaha mengambil hikmahnya. Mungkin Allah sayang kami, tidak ingin kami menjadi keluarga riya' yang nantinya tanpa sadar memamerkan keberhasilan tandem ASI kami yang mungkin bisa melukai beberapa pihak, terutama beberapa ibu yang mungkin kurang berhasil memberikan ASI kepada buah hatinya.

Yah, mungkin bisa dibilang ada sedikit trauma untuk mengadakan acara ulang tahun kakak dari pengalaman tahun lalu. Namun ternyata di usia kakak menjelang 3 tahun tiba-tiba tanpa pernah kami menawarkan untuk merayakan ulang tahunnya kakak meminta sendiri kepada kami untuk bisa diadakan happy birthday tiup lilin.

Awalnya saya cuek menanggapi, tapi karena hampir setiap hari kakak selalu ingat akan requestnya, lama-lama saya jadi agak mbatin juga. Mbatin sambil mikir ini ulang tahun enaknya digimanain, maunya dibuat sederhana aja dirumah tapi liat rumah nggak ada space dan amburadul kok jadi nggak yakin bakal ada yang datang diundang.

Sempet kepancal-pancal juga untuk budgetnya karena nggak kepikiran mau ngadain ultah kakak, sayanya jadi nggak nyiapin dana. Tapi dilubuk hati terdalam saya selalu yakin, jika memang rejeki kakak untuk bisa diadakan ulang tahun Insya Allah akan ada rejeki dari Allah.

Baca Juga : Dibalik Meriahnya Dekorasi Ulang Tahun Kakak

Lalu saya sambil merenung sebenarnya. Mengingat beberapa orang selalu mengidentikkan perayaan ulang tahun itu dengan segala hal yang mubadzir. Dari situ saya diskusi dengan suami jika memang mau mengadakan ulang tahun untuk kakak kami ingin ulang tahun yang tidak sekedar bermakna ulang tahun hanya untuk tiup lilin dan potong kue. Dengan alasan dan pertimbangan ini juga akhirnya kami memilih mengadakan syukuran ulang tahun kakak di sebuah arena bermain play land. Goal kami adalah ingin memberi sarana kepada kakak agar bisa berinteraksi, bersosialisasi dan bermain bersama beberapa temannya.

Alhamdulillah, sepertinya memang rejeki kakak untuk bisa diadakan syukuran ulang tahun kakak dengan tujuan bermain bersama teman-temannya.

Acara syukuran ulang tahun kakak yang ke 3 ini juga sebenarnya sebagai bentuk ucapan syukur atas kesehatan kakak. Selain itu juga sebagai bentuk terimakasih kami sebagai orang tua (yang kesundulan) mungkin sering kurang sabar, perhatian kurang full kepada kakak. Padahal kakak adalah bayi pertama yang kami nanti-nanti selama hampir 5 tahun pernikahan kami.

Tak dipungkiri sejak hamil si adik, saya banyak kurang memberikan perhatian lebih kepada kakak. Masih ingat ketika saya mual parah saat hamil si adik, mau tak mau saya jadi tidak fokus mengajak main si kakak. Jika ibu lain sibuk melatih motorik anak-anaknya, mungkin saat itu saya lebih banyak tertidur karena kondisi payah hamil. Belum lagi saat si adik lahir, mau tak mau fokus perhatian saya terbagi. Dengan posisi kakak yang belum benar-benar mandiri tentu mungkin membuat kakak menjadi sedikit kurang perhatian. Lagi-lagi saya ingat episode ketika kakak lapar, ditengah saya menyuapinya tiba-tiba si adik terbangun menangis haus. Mau tak mau saat itu saya harus segera menyelesaikan acara makannya. Acara makan yang harusnya bisa tenang menjadi sedikit terburu-buru. Ah jadi baper kalo inget semua pengalaman tersebut. Belum lagi mulut ini yang tanpa sadar sering ngomelin kakak karena hal sepele. Jadi makin mellow deh.

Mengingat semua cerita perjalanan saya dan kakak selama hampir 3 tahun itulah yang membuat saya ingin memberikan hadiah terbaik untuk kakak. Ada banyak cara untuk bisa mengungkapkan rasa cinta kepada anak-anak kita. Untuk saat ini, sementara hanya seperti itulah cara yang bisa kami lakukan dalam mengungkapkan rasa cinta dan sayang kami kepada kakak.

Meski kadang kami masih suka ngomel, kedepannya semoga kakak terus memahami akan tulusnya cinta dan kasih sayang kami kepadanya.

Panjang Umur Ya Kakak,
Selalu jadi Berlian yang Berkilau,
Menjadi Perempuan yang selalu Berakhlak Baik dimanapun berada,
Menjadi Kakak teladan yang selalu Saling Menyayangi dengan Adik,
Sehat terus,
Serta selalu mendapat Rejeji dan Umur Yang Barakah.
Kelak Mendapat Jodoh Yang Baik, yang bisa Membahagiakan kakak baik untuk Kehidupan di Dunia maupun di Akhirat.
Barakallah.
Amin Amin, Ya Rabbal Alamin.

Noted : Maap mamam masih sering ngomel >,<

Love, Kiss, and Hug
Mamam & Yayah

Next masih ada pe er untuk bisa mengungkapkan cinta dan sayang buat si adik, biar nggak ada istilah anak emas. Yeah keduanya adalah kesayangan kami. Sehat terus ya kakak adik, nggak pake iri-irian ya. Mamam Yayah sayang kalian 😘

Duo Kesayangan Lagi Kruntelan

4 comments:

  1. Ya ampun itu yg bobo enak banget. Selamat yaa mbak lulus Asi semua, kedua anak saya cuma sampai 1,5 tahun doang. Selamat ulangtahun ya Kaka, panjang umur dan sehat selalu.

    Salam dari Jogja

    ReplyDelete
  2. selamat ulang tahun ya kakak... semoga nanti akan menjadi kakak yg baik buat adiknya :)

    ReplyDelete