Sunday, November 27, 2016

Mempersiapkan Tabungan Emas Demi Pendidikan Anak

[Sponsored Post]

Memiliki dua balita dengan jarak berdekatan, mau tak mau membuat suami dan saya perlu memikirkan masak-masak terkait dana yang harus kita persiapan demi pendidikan masa depannya. Mengingat biaya pendidikan sekarang ini mau tak mau makin melambung tinggi. Ada banyak cara yang bisa ditempuh sebenarnya untuk mempersiapkan investasi demi pendidikan anak-anak, misalnya dengan membuka tabungan. Saat ini ada banyak macam tabungan yang ditawarkan oleh beberapa bank di Indonesia, mulai dari tabungan biasa, tabungan dolar, tabungan pensiun, tabungan berjangka (deposito), sampai tabungan pendidikan (asuransi pendidikan), dll. Meski demikian karena alasan tertentu ada beberapa produk tabungan tersebut yang memang kami sepakat untuk menghindarinya. Ditengah pencarian investasi yang cocok untuk pendidikan anak-anak, tiba-tiba kami tertarik dengan Tabungan Emas Pegadaian milik ibu kami.

Buku Tabungan Emas (Terbaru)

Senada dengan sahabat saya Mama Enji yang lebih tertarik berinvestasi menggunakan logam mulia Antam, ibu saya juga termasuk yang berpendapat bahwa emas itu investasi jangka panjang yang menguntungkan. Sayangnya karena harga emas yang terkadang susah diprediksi, dan sering melambung membuat para ibu yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga seperti saya sedikit ngos-ngos an jika harus berinvestasi emas.
Logam Mulia Antam, Investasi Mama Enji

Baca juga : Sharing Persiapan Dana Untuk Sekolah Anak

Disini ibu saya pun mulai menjelaskan tentang produk Tabungan Emas yang diikutinya di Pegadaian. Simpelnya menurut ibu saya kita hanya perlu menabung biasa seperti kita menabung di bank pada umumnya. Bedanya nanti saldo yang tertera di buku tabungan kita di konversikan ke dalam jumlah gram emas yang berlaku saat itu. Sehingga bisa dibilang kita menabung emas sedikit demi sedikit dan dititipkan sementara di pegadaian. Nantinya kita baru bisa mencairkan jika jumlah gram yang terkumpul sudah mencapai minimal 5 gram.

Buku Tabungan Emas (Model Lama) Milik Ibu

Jika telah mencapai 5 gram namun kita belum mau mencairkan Tabungan Emas kita bagaimana?
Tak masalah sih, karena kita tetap bisa melanjutkan rutinitas menabung kita seperti biasanya hingga mencapai jumlah gram selanjutnya.

Wah, keren sekali menurut saya.

Jadi, apa sih Tabungan Emas ini?
Tabungan emas merupakan layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan tentunya dengan harga terjangkau. Sehingga menurut saya memudahkan masyarakat (dengan budget minimalis) yang ingin berinvestasi emas.


Apa saja keunggulan Tabungan Emas ini dibanding produk Tabungan lain yang ditawarkan oleh Bank-Bank pada umumnya? 
  • Tabungan Emas ini tersedia di kantor cabang Pegadaian seluruh Indonesia
  • Melalui produk tabungan emas ini kita bisa membeli emas dengan harga terjangkau (mulai dari berat 0,01 gram). Dimana harga per 0,01 gram emas hanya sekitar Rp. 5.000,- (Harga per 26 November 2016 → Jual : Rp. 5.480,- dan Beli : Rp. 5.220,-).
  • Merupakan salah satu bentuk investasi aman jika dibandingkan kita harus was-was menyimpan emas dirumah.
  • Mudah dan cepat dicairkan, tentunya dengan cara dijual kembali (buyback) kepada pegadaian dengan minimal penjualan 1 gram emas.
  • Mengingat Pegadaian merupakan badan usaha terpercaya, membuat para nasabah tidak perlu was-was terkait "status" emas yang dimilikinya, karena pastinya sudah bersertifikat (memiliki surat) resmi.
Nilai Rupiah yang Kita Tabungkan Langsung Di Konversikan dalam Jumlah Gram Emas
Lalu bagaimana prosedur untuk dapat membuka Tabungan Emas ini?
Prosedur pertama tentunya, Silahkan mendatangi kantor cabang pegadaian yang ada di kota masing-masing.

Kemudian, kita bisa mengajukan pembukaan rekening tabungan emas di kantor pegadaian tersebut dengan melampirkan fotocopy identitas diri yang masih  berlaku (KTP/SIM/Passpor).
Disana kita juga akan mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emas, serta membayar administrasi sebesar Rp. 10.000,- dan biaya fasilitas penitipan selama 12 bulan di awal Rp. 30.000,-

Selanjutnya, kita bisa menyetorkan rupiah dengan nominal yang dikonversikan ke berat (gram) emas dengan kelipatan 0,01 gram, dengan kata lain kita bisa membeli emas dengan kelipatan 0,01 gram yang kemudian dititipkan kembali kepada pihak pegadaian dengan tanda bukti yang tercetak dalam buku tabungan.

Minimal saldo rekening adalah 0,01 gram.

Apabila kita ingin memiliki (mencetak) fisik emas dari tabungan yang sudah kita setorkan maka kita akan dikenakan biaya sesuai dengan berat (gram) fisik emas yang ingin dicetak.

 Ada biaya cetak emas sesuai gram fisik emas yang akan kita cetak

Untuk bisa mencetak fisik emas dari tabungan emas di pegadaian maka jumlah minimal tabungan harus mencapai setidaknya 5 gram. Adapun pilihan keping fisik emas yang bisa dicetak yaitu 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram.

Pencetakan (fisik) emas saat ini hanya bisa dilakukan ditempat cabang pegadaian tempat kita membuka tabungan emas, begitu juga dengan transaksi penjualan emas kepada pegadaian sementara ini hanya bisa dilayani di kantor cabang pembukaan rekening masing-masing.

Pencetakan fisik dan Penjualan Emas sementara hanya bisa dilakukan di kantor cabang pembukaan rekening.

So, tertarik untuk membuka rekening tabungan emas di pegadaian?
Seperti yang sudah dibahas diatas, jangan lupa bawa :
  • Fotocopy KTP/SIM/Passpor yang masih berlaku
  • Uang sebesar Rp. 10.000,- untuk biaya administrasi
  • Uang sebesar Rp. 30.000,- sebagai biaya pengganti titip emas selama 12 bulan kedepan
  • Uang untuk membeli emas (dengan kelipatan 0,01 gram) yang selanjutnya akan dititipkan kepihak pegadaian.

Jadi jika kita ingin menabung 1 gram emas (sesuai harga emas per 26 November 2016) maka setidaknya kita membawa uang kurang lebih Rp. 600.000,-. Harga jual/beli emas harian, setiap harinya bisa di cek juga di Pegadaian.co.id

Seperti yang disampaikan oleh ibu saya yang kebetulan berprofesi sebagai ibu rumah tangga, tabungan pegadaian emas ini cocok sekali jika ingin berinvestasi emas sedikit demi sedikit, ketimbang harus menabung dalam bentuk uang yang terkadang adakalanya kita tergelitik untuk memakainya sebelum benar-benar kita wujudkan menjadi emas batangan.

Sebagai tambahan perbandingan jika kita ingin berinvestasi sendiri dalam bentuk emas lainnya seperti perhiasan emas, maka kedepannya kita akan mendapat banyak potongan saat akan menjual seperti biaya pembuatan. Belum lagi potongan berat gram batu sekitar 10% dari berat total perhiasan emas yang akan kita jual. Selain itu seperti sudah dibahas sebelumnya dari segi keamanan tabungan emas bisa dibilang lebih aman ketimbang kita harus menyimpan emas-emas an ber gram-gram di rumah.

Mengingat keamanan dalam menyimpan emas ditabungan emas, maka ada beberapa biaya transaksi kedepannya yang mungkin dibutuhkan. Berikut beberapa biaya transaksi di tabungan emas.

Selain itu demi kenyamanan juga terdapat batas transaksi tabungan emas perhari.

Tertarik untuk membuka Tabungan Emas di Pegadaian? Masih bingung dengan penjelasan diatas? hayuklah langsung ke kantor cabang pegadaian terdekat. Disana kita akan mendapatkan pelayanan profesional dari petugas. Sehingga kita tak perlu bingung sambil menerka-nerka lagi seperti apa sih tabungan emas yang menggiurkan ini ;)

18 comments:

  1. terus.. jika harga emas naik.. artinya harga disesuaikan ya.., misalnya nabung 1 garam hrga 600 rb nah bulan depan jadi 700.000 ..ikut harga emas dipasaran kan ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saldo yang tertera di buku tabungan sih sesuai dengan gram-graman emas yang kita tabungkan mbak :)

      Delete
  2. saya malah baru tau bisa nabung emas di pegadaian... terimakasih infonya mbak...

    ReplyDelete
  3. Saya juga suka dengan investasi tabungan emas ini, yg menurut saya nggak ribet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jadi mirip2 kayak ikut arisan nggak kerasa berat buat punya emas

      Delete
  4. nah ini, drpd kemaren rame isu rush money, mending pindahin semua jadi emas aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah...kalo gitu cuss lah istrinya dibukain tabungan emas :D

      Delete
  5. wah kece banget nih, dikit dikit jadi bukit emas XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kata ibuku kalo langsung beli 5 gram duitnya siapa, kalo dikit2 gini kan nggak kerasa katanya

      Delete
  6. Baru tau detilnya soal peremasan di pegadaian,,kirain cuma jual beli saja emas batang disana
    Trims ya mb infonya

    ReplyDelete
  7. Waaah makasih infonya Mba, berguna banget karena aku lagi lirik2 buat tabungan emas, ternyata di pegadaian bisa juga ya.. selama ini cuman tau ditempat lainnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh kebalikan, aku taunya malah dipegadaian mbak adanya tabungan emas...hihihi...

      Delete
  8. Aku juga baru aja mulai nabung emas dan lg tertarik pengen buka buat rekening tabungan emas buat daftar hajinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak april keren ih...semoga bisa segera ke tanah suci ya...amin

      Delete
  9. Emas lebih baik harga jualnya dari pada kita hanya menabung uang.

    Salam dari Semarang :)

    ReplyDelete