Wednesday, November 9, 2016

Sharing Persiapan Dana Untuk Sekolah Anak, Mama Enji Curhat Donggg... #Sharing With Friends

Setelah survey sekolah, dan menentukan sekolah mana yang akan dipilih untuk buah hati kita selanjutnya, maka langkah berikutnya yang harus dipersiapkan matang-matang adalah dana. Yak...mengingat diskusi beberapa emak-emak tentang biaya pendidikan yang bikin ngeri-ngeri syedep...akhirnya tempo hari saya coba diskusi dan sharing dengan mama Enji terkait budget yang harus dipersiapkan untuk sekolah anak-anak. Mama Enji Ngutangggggg Dongggggg...*Eh Curhattttt Ding... >,<



Kalo biasanya banyak yang melirik asuransi pendidikan untuk persiapan dana pendidikan buah hatinya, berbeda dengan mama Enji yang mengambil jalur investasi Logam Mulia Antam.

Sebenarnya saya sedikit penasaran dengan Logam Mulia Antam ini, karena tempo hari saat iseng-iseng nanya ke toko emas, mas penjaga nya mengatakan masih lebih untung investasi emas lokal saja. Alasannya si Antam harus mengeluarkan sertifikat terlebih dahulu, sehingga nantinya pada saat dijual akan ada perbedaan potongan harga yang cukup besar antara harga beli dan harga jual.

Berbeda pendapat dengan Mama Enji yang justru lebih nyaman berinvestasi menggunakan Logam Mulia Antam saja. Alasannya Antam memiliki sertifikat resmi, sehingga bisa dijual dimana saja tanpa perlu ragu. Sisi kelebihan lainnya, mengingat saat ini banyak masyarakat yang lebih terbuka pikiran tentang hukum riba' dan non riba', maka kalo menurut saya pribadi investasi Logam Mulia Antam ini termasuk yang non riba', oleh sebab itu saya penasaran berat dengan Antam ini.

Sebagai tambahan sedikit, ibu saya sendiri pernah kuwalahan akan dana pendidikan adik saya karena salah menghitung jangka waktu perkiraan pencairan dana (asuransi pendidikan) untuk biaya sekolah adik saya. Padahal hanya terpaut sebulan saja, jedah antara batas maksimal pembayaran biaya sekolah adik saya dengan tanggal pencairan asuransi tersebut. Sedikit ribet tentunya jika pada saat membayar biaya sekolah, ternyata dana yang dijagakan belum cair juga.
Logam Mulia Antam

Berbeda dengan Logam Mulia Antam yang bisa sewaktu-waktu dijual saat kita membutuhkan biaya. Namun seperti saran Mama Enji, untuk investasi Logam Mulia Antam ini agar tidak rugi sebaiknya untuk investasi jangka panjang. Jadi kalo hanya untuk investasi jangka pendek sekitar setahunan masih bisa dibilang belum menguntungkan. Ini sebenarnya senada dengan mas penjaga toko emas yang tempo hari saya datangin sih ya. Menurutnya kalo mau investasi emas jaman sekarang itu sudah nggak seperti dulu, yang mana dulu hampir tiap tahun harga emas pasti naek. Kalo sekarang nggak selalu naik tiap tahun. Jadi ingat pengalaman ibu saya yang setahun menjelang pernikahan saya beliau memang sengaja nabung emas, namun sayangnya saat menjelang hari pernikahan saya harga emas malah turun. Jadi ya bisa dibilang sedikit rugi saat itu.

Seperti dituturkan Mama Enji, Investasi Logam Mulia Antam sebaiknya untuk jangka panjang. Setidaknya seperti pengalamannya 2 tahun lalu harga Logam Mulia Antam berkisar di harga 500.000 rupiah/gram, sedangkan saat ini harga sudah naik menjadi sekitar 600.000 rupiah/gram. Jadi bisa dibilang lumayan ya untuk menghadapi santer gosip kenaikan inflasi tiap tahun.

Apa Logam Mulia Antam ini Emas? Iyes menurut Mama Enji Logam Mulia Antam ini sebenarnya juga emas 24 karat yang dilengkapi sertifikat resmi sehingga memudahkan kita jika akan menjualnya kembali.

Dimana kita bisa mendapatkan Logam Mulia Antam ini? Menurut Mama Enji kita bisa membelinya di Antam langsung, atau bisa juga di pegadaian. Bedanya menurut mama Enji jika membeli di pegadaian kita hanya bisa membelinya dengan jalan cicilan.

Aduh kalo kita belinya udah banyak nanti bingung nyimpennya *ya...kali aja kita kaya raya mau beli sampe puluhan kilo Logam Mulia Antam (amin) :D

Berarti mending Deposito aja kali ya? kan lebih simpel cara nyimpennya? Ternyata deposito pun memiliki beberapa titik kelemahan. Karena termasuk tabungan berjangka maka kita tidak bisa sewaktu-waktu mencairkan. Bahkan untuk sebagian bank ada yang menerapkan sistem harus mengabari seminggu sebelum tanggal jatuh tempo jika kita ingin mencairkan deposito. Jika terlewat maka deposito tidak bisa dicairkan. Bisa sih tapi biasanya akan ada banyak potongannya.

Seperti pengalaman salah seorang sahabat yang bercerita saudaranya ada yang mengalami potongan admin cukup besar untuk bisa mencairkan depositonya. Sebenarnya ada sih cara agar memudahkan pencairan deposito, sebaiknya jangan memilih jangka waktu yang terlalu panjang. Misal pilih saja jangka waktu 1 bulan cair, dengan sistem ARO. Sehingga saat jatuh tempo sebulan jika memang dana tidak diambil, deposito akan mengalami perpanjangan otomatis. Namun, seperti beberapa info yang didapat deposito ini masuk riba' hukumnya.

Nah trus kalo mau insvestasi Logam Mulia Antam sampe kiloan, gimana nyimpennya nih Mama Enji? Kan kalo nyimpen banyak-banyak dirumah juga ngeri...Menurut mama Enji kalo mau kita bisa sewa brankas di bank, yang tentunya lebih aman ketimbang kita simpan dirumah. Kata Mama Enji yang penting jangan lupa dicatat biar kalo udah nyampe nisab, pas ngitung zakatnya kita nggak bingung.

Apa harus Logam Mulia Antam? Gimana kalo perhiasan emas? Boleh-boleh saja sih sah-sah saja. Tapi mungkin, kalo perhiasan emas, pas jualnya lebih banyak potongannya ya, karena untuk perhiasan biasanya ada potongan ongkos pembuatan. Belum lagi kalo perhiasannya ada batu-batuannya, maka nantinya berat gram Emasnya akan dikurangi sekian persen dari total sebagai asumsi batunya nggak ikut dihargai. Saya pernah sih ya jual anting anak yang ilang satu, ada batunya lagi. Belinya berapa, jualnya cuman dapat Rp. 70.000,- suami yang ikut anter jadi ikut ngomel-ngomel...hihihi...Tapi tetep di syukuri lah ya Rp. 70.000,- nya bisa buat makan di tanggal akhir bulan :D
Emas Putih, Yang (Mungkin) Bisa Disimpan Untuk Investasi Jangka Panjang

Apapun pilihan investasi dana untuk sekolah anak, yang penting jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kemampuan kita. Termasuk kemampuan tenaga dalam mengantar anak-anak sekolah, alias jarak dan waktu perjalanan juga musti diperhitungkan *termasuk total biaya dan bensin yang dikeluarkan selama perjalanan nantinya :D

So, tetap semangat berusaha melakukan yang terbaik untuk anak-anak \(^,^)/

6 comments:

  1. Dana pendidikan anak memang penting banget ya. Apalagi sekarang sekolah mahal. Kalo gak dipersiapkan dari sekarang, nanti bisa pusing.

    Btw, izin follow blognya ya. Yuk saling follow :)

    ReplyDelete
  2. Antam kalau di sini namanya Lantak, Mbak. :D Sebenarnya juga pengen, Mbak. Tapi aku kadang ceroboh sama surat2nya. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mirip sih mbak tapi kalo lantakan kayaknya lebih umum ya untuk penyebutan emas yang "wungkul" gitu

      Delete
  3. Di pengajian ahad akhir bulan kemarin juga sedikit dibahas mengenai investasi emas ini. Memang kalo logam mulia lebih banyak untungnya ketimbang emas yang sudah dalam bentuk perhiasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, karena kalo perhiasan kan ada potongan ongkos pembuatan pas dijual, belum lagi nanti kalo ada batu2annya...makin habis deh harga jualnya...huehehehe

      Delete