Friday, December 16, 2016

Undangan Mom & Baby Community, Trinity Sebagai Bintang Tamu? Seriously?!

Beberapa waktu lalu saya antusias sekali saat seorang teman memention saya untuk hadir di acara Koran Sindo, dimana undangan tersebut dipasang di Momandbaby Comm dengan bintang tamu Trinity yang merupakan seorang Traveller dan Blogger keren sekaligus penulis banyak buku best seller yang saat ini memiliki follower sebanyak 190rb di twitternya. Seperti biasa saya minta ijin terlebih dahulu kepada suami untuk menghadiri acara tersebut, karena seperti biasa saya berencana menitipkan dua balita kepada suami agar saya bisa fokus mengikuti acara, utamanya ingin mendapat ilmu dari Trinity. Tidak ada bayangan dibenak saya bahwa undangan tersebut merupakan undangan untuk menghadiri sebuah acara yang diadakan oleh pihak Asuransi AXA.


Saat membaca undangan pertama kali yang terlintas dibenak saya ini merupakan sebuah acara yang ikut diadakan oleh Momandbaby Comm yang saya anggap sebagai komuniTas ibu dan bayi. Dengan embel-embel undangan talkshow tentu bayangan saya nggak jauh-jauh dari acara talkshow parenting.

Menjelang hari H-1 tiba, saya mendapat konfirmasi undangan lagi dengan bintang tamu tetap Trinity dan tambahan lainnya yaitu Aidil Akbar seorang Financial Planner dengan tema acara Good Life Begins Good Planning. Pikir saya nanti mungkin disini kami akan mendapat ilmu parenting tentang pengelolahan pemasukan dan pengeluaran sebagai ibu muda dengan balita.

Namun, saat itu sebenarnya si kakak suhu badannya tiba-tiba tinggi. Hal ini tentu membuat saya sempat berpikir untuk membatalkan hadir di acara tersebut. Namun mengingat pesan suami saya harus profesional sebagai blogger dimana ketika saya sudah daftar dan konfirmasi hadir maka saya harus bisa mempertanggung jawabkan. Sehingga saya berusaha mengkondisikan agar si kakak sehat terlebih dahulu, dengan menyounding agar keesokan harinya saya diijinkan untuk kerja (begitu biasanya saya mengatakan kepada kakak jika akan menghadiri sebuah undangan blogger).

Bersyukur saat hari kamis (tanggal 15 Desember 2016) tiba suhu badan kakak normal, sehingga saya memutuskan untuk tetap hadir di acara undangan tersebut meski sebenarnya saya was was. Jujur saya perlu memantapkan hati saya bahwa saya menghadiri undangan ini demi mendapat ilmu baru. Kapan lagi saya bisa menghadiri undangan dengan bintang tamu keren sekelas Trinity.

Dengan mempersiapkan segala keperluan kakak adik berjam-jam sebelumnya, saya pun memantapkan diri mengendarai kendaraan saya menuju kantor suami untuk menitipkan kakak-adik kepada suami. Saat itu sebenarnya ada jadwal kelas dancing kakak-adik. Namun karena tidak ada yang bisa mengantar kakak maka saya putuskan untuk memboloskan kakak-adik.

Yap saya benar-benar niat ingin mengupgrade diri saya dengan mengikuti seminar dengan bintang tamu Trinity tersebut. Setelah menaruh kakak-adik di kantor suami saya pun melanjutkan perjalanan saya menuju hotel JW Marriot dimana seminar tersebut akan diadakan. Meski saya sempat memutar balik lagi ke kantor suami karena kunci rumah tidak sengaja terbawa saya, namun saya tetap membulatkan tekad saya untuk hadir.

Mendung sangat gelap, macet, hujan pun saya abaikan, karena nawaitu saya pengen mendengar tips-tips dari Trinity. Sesampainya di JW Marriot saya segera memarkirkan kendaraan saya, kemudian saya pun menuju loby seperti biasa melewati pemeriksaan security. Saya pun menanyakan tentang undangan dari Komunitas yang saya kira komunitas ibu dan bayi "MomandBab Comm". Ternyata security tidak tahu tentang undangan tersebut. Sebenarnya saya sudah mulai curiga ada yang tidak beres, apalagi setelah saya menanyakan undangannya terletak di lantai 2 ballroom security langsung mengatakan "Oh undangan AXA ya". Jujur saya sih nggak tau, pikir saya seperti hotel lainnya biasanya ada beberapa ruangan di satu lanti. Jadi pikir saya mungkin ini undangan yang berbeda.

Saya pun segera menuju lantai 2 ballroom JW Marriot, disana saya bertemu dengan beberapa blogger lainnya, dan memang disana hanya ada tanda-tanda undangan dari AXA saja. Berusaha tetap positif thinking, bisa jadi AXA sebagi sponsor utamanya seperti acara undangan blogger sebelumnya di Hotel Harris yang saya ikuti dimana Asuransi Allianz sebagai salah satu sponsornya (bisa dilihat fotonya di profil blog saya.

Kamipun segera melakukan registrasi dan ternyata tempat duduk kami sudah ditentukan. Saat regitsrasi pun ternyata nama kami terdaftar sebagai bagian dari komunitas "Momandbaby comm". Sebenarnya disini saya agak nggak sreg karena saya sendiri malah baru tau tentang komunitas tersebut.

Saat melakukan registrasi disitu saya juga membaca ada sebuah nama yang tidak saya kenal disebelah nama saya dan rekan (blogger) saya. Sebagai mantan member MLM yang dulunya sering jungkir balik demi memprospek klien, sebenarnya saya sedikit mencium trik prospek disini. Tapi ya sudahlah saya tetap bertahan demi Trinity.

Sebelum acara dimulai kami dipersilahkan untuk menikmati makan malam yang sudah disediakan. Beberapa menit setelah acara makan malam selesai kami dipersilahkan untuk memasuki ruangan untuk mengikuti acara.

Saat acara dimulai MC pun mulai menyapa perwakilan tamu satu persatu, dan seperti yang saya tangkap kami termasuk undangan yang mewakili komunitas mama muda Momandbaby Comm. Sekali lagi saya terkejut.

Ternyata saya baru "ngeh", disini nama saya dimasukkan dalam daftar yang "mewakili" komunitas Momandbaby Comm untuk hadir di acara (undangan) AXA. Jadi saya bukan diundang untuk menghadiri acara parenting Momandbab Comm.

Tapi bagaimanapun saya tetap dan tetap berusaha positif thinking. Apalah namanya, pikir saya yang penting ngikutin acaranya Trinity.

Bintang tamu pengisi acara pertama yaitu Aidil Akbar seorang Financial Planner, saya pun mengikuti acaranya sembari "clingak clinguk" penasaran dimana Trinity duduk? Sebenarnya sejak awal saya dan teman-teman blogger lainnya saling bertanya penasaran yang mana sih Trinity?

Aidil Akbar Seorang FInancial Planner
Meski tak nampak ada tanda-tanda kehadiran Trinity kami tetap berusaha positif thinking, ya kali aja nanti Trinity muncul diakhir acara dengan surprise yang gegap gempita.

Namun tak lama setelah itu salah satu teman blogger mengatakan bahwa di status twitter Trinity lagi nonton TV. Saya pun segera ngintip twitternya ternyata memang benar Trinity sedang menikmati acara Amazing Race ASIA. Sekali lagi saya merasa ada hawa-hawa jebakan betmen ini.

Status Twitter Trinity yang Mulai Menyadarkan Kami
Hingga akhirnya seorang teman blogger berinisiatif memention Trinity demi menjawab rasa penasaran kami. Inisiatif tersebut disambut ramai-ramai oleh teman blogger lainnya untuk memention Trinity. Bersyukur kami mendapat umpan balik dari Trinity melalui twitternya. Ternyata melalui twritternya Trinity menjawab bahwa tidak ada undangan atau konfirmasi oleh panitia acara.



Disitu jujur kami mulai meradang. Terutama saya yang benar-benar kecewa karena merasa kena jebakan betmen oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, padahal untuk hadir ke acara tersebut saya harus rela meninggalkan dua balita saya bersama suami saya.

Disini saya yakin benar bahwa Trinity memang benar-benar tidak tahu menahu akan acara tersebut. Hal ini terjawab beberapa menit setelah beberapa teman blogger mengajukan komplain kepada beberapa pihak, yang menurut saya juga mungkin sama-sama tidak tahunya dengan kami.

Nah lo, Trinity Nggak Tau Ini
Semakin terjawab setelah beberapa waktu kami meninggalkan acara pihak Momandbaby Comm melalui perwakilannya melakukan klarifikasi di Facebook (FB) nya bahwa Trinity direncanakan hadir  (based on proposal). Namun sayangnya menjelang akhir diputuskan bahwa bintang tamu yang hadir hanya Aidil Akbar.

Konfirmasi Setelah Acara Usai dan Kami Sudah Terlanjur Kecewa
Mengingat undangan yang dipasang H-1 menjelang acara masih tercantum nama Trinity, menurut saya ini sangat tidak profesional. Mengutip kalimat salah satu teman blogger yang mengatakan apa masuk akal menjelang hari H nama Trinity tetap terpasang dipengumuman sedangkan pihak Trinity saja belum dikabari sama sekali. Saya sih setuju dengan pendapat tersebut, karena saat saya bercerita kepada suami saya yang juga sering mengundang bintang tamu untuk mengisi sebuah acara setidaknya sebulan sebelumnya kita harus mengkonfirmasikan terlebih dahulu kepada pihak bintang tamu yang akan kita undang, karena mereka kan orang penting yang pasti punya jadwal padat.

Undangan yang Saya Baca Satu Hari Sebelum Acara
Sebagai bentuk kekecewaan kami, maka kami segera melangkahkan kaki meninggalkan ruangan tanpa menunggu acara pengundian doorprize. Ah apalah artinya doorprize MAP sebesar Rp. 500.000,- dibandingkan rasa kekecewaan saya yang sudah susah payah hadir ke lokasi rela meninggalkan anak-anak saya dirumah bersama suami, padahal si kakak kemarin baru saja sakit.

Kami Berkumpul Sejanak Sebelum Meninggalkan Lokasi
Entahlah sampai saat ini saya sendiri belum tau pihak mana yang seharusnya bertanggung jawab atas pengumuman undangan yang menjebak tersebut. Bahkan agen AXA yang mendekati kami untuk memprospek kami jadi semacam ketiban sampur karena belum-belum kami sudah ngomel duluan. Maap ya mbak agen:D

Sejak awal  yang nggak habis bikir, harusnya kalo memang undangan asuransi kenapa tidak dijabarkan sejak awal sehingga kami yang hadir bisa sama-sama tau. Toh sebelumnya saya juga pernah ikut undangan blogger menghadiri acara asuransi, dan saya bersama teman-teman blogger lainnya benar-benar mengapresiasi undangan tersebut karena memang tidak ada info terselubung.

Intinya disini saya mengambil hikmah dari kejadian ini, bahwa sebaiknya saat menerima undangan pastikan dulu kevalidan undangannya. Jika undangan berbalut mengundang seorang bintang tamu maka setidaknya kita bisa mengkonfirmasi kepada bintang tamu minimal dengan melihat time line medsosnya.

Pelajaran lainnya, jika sebelum acara ada sinyal-sinyal yang memberatkan saya untuk hadir di acara maka sebaiknya saya tidak memaksakan diri untuk tetap hadir diacara tersebut, sehingga jika acara tidak sesuai ekspektasi rasa kecewa saya tidak terlalu bertumpuk-tumpuk. Saya benar-benar merasa bersalah kepada kakak adik, sepanjang perjalanan saya merindukan mereka. Demi menebus rasa bersalah, saya sempatkan untuk mampir ke sebuah minimarket membeli es krim seperti yang diminta melalui telpon sebelum saya mengemudikan kendaraan saya kembali kerumah. Sayangnya sesampainya dirumah kedua buah hati saya sudah tertidur pulas.

Jadi pengen nyanyi ala-ala sheila on 7
sambil bayangin saya nyetir dibawah rintikan hujan di dalam kegelapan malam...

Aku pulang....
Tanpa dendam....
Ku terima...
kekalahanku...

Aku tak percaya lagi
Dengan apa yang kau beri
Aku terdampar disini
Menunggu Trinity

Aku berhenti berharap
Dan menunggu datang gelap
Sampe nanti suatu saat
Tak ada taxi kudapat


(Untungnya tadi saya nggak naik taxi)

Tambahan pelajaran berharga lainnya saat akan mengundang orang sebaiknya saya belajar untuk tidak menutupi info-info terselubung hanya demi agar jumlah undangan membludak, karena tiap orang mempunyai kepentingan masing-masing. Apalah artinya undangan membludak jika tak satupun yang tertarik dengan acara yang berlangsung. Hal ini juga menjadi pengingat saya terhadap suami jika mengadakan acara (event) untuk lebih berhati-hati ketika meminta tolong pihak lain untuk mengundang.

So far sebenarnya acara AXA tadi tidak ada yang salah, hanya tidak sesuai ekspektasi dimana saya berharap lebih untuk bisa melihat dan mendengar sharing, tips-tips yang dibagikan oleh Trinity. Untuk jamuan makan malamnya sebenarnya ada yang kurang yaitu poin minumannya. Tidak ada minuman manis segar tersedia hanya ada air putih dingin yang tersaji dalam gelas dan tertata diatas meja, dan sepertinya dengan jumlah terbatas (tidak ada refil), karena saat beberapa menit kemudian saya mendapati meja tersebut kosong. Untuk aqua yang tersedia di meja para tamu undangan sepertinya juga tidak ada refill, karena setelah menunggu lama hingga acara akan berakhir botol aqua saya juga tetap melompong tidak ada yang mengganti dengan botol aqua baru.

Beberapa saat sesampainya dirumah saya mendapat kabar dari teman-teman blogger bahwa Koran sindo juga melakukan klarifikasi kepada pihak Trinity karena terjadi miss komunikasi.


Tak lama setelah itu pihak Koran Sindo juga melakukan klarifikasi,


Entah siapa yang menyebabkan terjadinya kesalah pahaman tersebut intinya saya cuman pengen nyanyi lagu,

Sungguh teganya teganya dirimu...
Ohhh...pada dirikuuuuu... 

Sebagai tambahan info saja, diantara kami yang datang tadi tidak hanya saya saja yang berkorban waktu,
  • Ada seorang ibu hamil besar yang bela-belain datang demi mendapat info yang dikiranya tentang ilmu parenting
  • Ada seorang ibu yang membawa balitanya demi harapan yang sama mendapat ilmu parenting
  • Ada juga seorang ibu yang mengira ini acara komunitas ibu dan bayi sehingga membawa anaknya, namun anaknya justru disuruh keluar dari ruangan karena tidak ada jatah kursi.
  • Ada suami yang rela mengantar (atau bahkan menunggu diluar) istri demi agar si istri bisa lebih mengupgrade ilmu parentingnya.
  • Ada teman kami yang datang jauh-jauh dari Gresik, Sidoarjo yang bela-belain datang demi Trinity
Sungguh pelajaran berharga buat kami, dan saya tentunya :)

65 comments:

  1. Di efbe juga rame yaa
    T nya sungguh menganu..

    Moga dpt doorprize 10* lipat dr sumber lain, mba

    ReplyDelete
  2. Semoga abis ini langsung dapat asuransi mengobati hati dari AXA *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga mau asuransi ah maunya dapat hadiah plesiran ke raja ampat sekeluarga

      Delete
  3. Duh kebayang kecewanya karena acara tidak sesuai dengan harapan kita, apalagi kita udah berkorban waktu, tenaga dan kebersamaan bersama keluarga.

    ReplyDelete
  4. Huhu...kaki saya kram karena kehujanan semalam.

    Dari awal pengin ketemu trinity. Lah, kok

    ReplyDelete
  5. quoTe of The day : jangan kecewakan dan sakiTi blogger, karena nanTi ceriTa TenTangmu akan abadi di blognya..

    Salam "T"

    ReplyDelete
  6. Ini acara jebakan banget. Sungguh nggak nyangka kalau AXA sekacau ini EO-nya. Insurance lain rapi jali kl bikin acara dan peserta banyak yg datang gak kyk AXA semalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kenapa ga dijelaskan di awal acaranya...kayak yang dulu kita ikut kan seru ya ada spot game2nya pula

      Delete
  7. memalukan sekali, eh itu adminnya nulis pake huruf besar kecil nyampur2 kayak abg alay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu katanya misterious things nya dia...saya tadinya mau ikutan nulisa artikel ini pake huruf T besar kecil dapat satu paragraf kok langsung nggak sanggup neruskan...hehehe....

      Delete
  8. woooo parah juga nih
    Kayaknya pihak penyelenggara harus menjelaskan dimana letak miss koordinasinya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada akhirnya sudah ada klarifikasi mbak dari semua pihak

      Delete
  9. Yang ngundang aja namanya Mom and Baby Comm, eh ada anak kecil kok diusir. Keterlaluan banget ya, Mbak.
    Trus yg paling bikin jengkel ya mencatut nama Trinity itu.

    *duh... saya yg gak hadir aja ikutan juengkelll

    ReplyDelete
    Replies
    1. huehehe iya...tapi itu yang ngusir belum tau sih ya siapa2nya...kalo aku digitukan udah tak tinggal ngeloyor pulang wes an

      Delete
  10. Mereka tahu bagaimana cara mengobati hati blogger.
    Kalo gak diobati, ya siap-siap menjadi abadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. abadi dalam sejarah ya mbak...hehehe...jadi inget cerita mbak nisa tempo hari :D

      Delete
  11. Tidak cukup klarifikasi, yang jelas semua panitia seakan menutup mata sebelum acara namun memasang palang lebar atau ilmu pertahanan diri setelah acara :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayaknya mereka kebingungan. sebenarnya disini aku sendiri jadi belajar banyak sih ya entah apapun itu kalo memang aku yang nulis/pasang mau ga mau harus berani tanggung jawab.

      Delete
  12. Sedih, pilu, seumur2.. bergabung di dunia per blogger-an baru kali ini tertipu.. modus.., Gusti Alah mboten sare, smg hanya karma yg baik yg menyertai.., tetap ⓢ⒠ⓜ⒜ⓝ⒢ⓐ⒯ ♡ tp mjd lebih waspada..

    ReplyDelete
  13. Ruwet juga ya. Di Jakarta pun kadang ada aaja acara yg ga sesuai info.

    ReplyDelete
  14. Banyak pelajaran dari semalam Mbak.. lain kali bakal lebih berhati-hati kalau undangannya alay.. *misteri huruf T :)

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. Hehehe semalam rasanya kesel tapi setelah aku tuangkan di tulisan langsung lega plong

      Delete
  16. Dari dlu produk ini memang selalu bikin jebakan batman mbak. Nyebelin deh.

    ReplyDelete
  17. Saya pernah juga datang ke acara yang ternyata gitu deh tapi yang ganggu banget kenapa huruf T dan F harus ditulis pake huruf besar semua sih *ga penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu kurang paham juga kenapa harus T dan F gede

      Delete
  18. WAh udh tayang aja ni mba, ternyata kronologi lengkapnya di TKP begini ya, semoga tidak terulang lagi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya pas itu abis pulang dari acara langsung nulis biar plong :D

      Delete
  19. Duh..sempet2e gubah lagu mbak e..hehe

    ReplyDelete
  20. Waduh kebangetan ini.. Jd pelajaran ke dpn hrs lbh hati2 lagi ya.. Semangaaat mba

    ReplyDelete
  21. Adih..aduh..miss komunikasinya sampe parah begitu ya mba..ckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak konon ternyata karena miss komunikasi

      Delete
  22. Replies
    1. Insya Allah sabar mbak..makasih supportnya

      Delete
  23. Tega bener ya, ikut prihatin saya Mak. Makasih sharingnya. Jadi perhatian buat saya juga.

    ReplyDelete
  24. Aduuh acara besar, udah undang blogger dengan janji orang yang 'besar' pula, tetapi bintang tamunya lain. Semoga tidak ada kejadian seperti ini lagi. Semoga....

    ReplyDelete
  25. Oh ini yg rame di TL twitter waktu itu ya mba, kebayang rasanya, pernah dateng ke event lagi hamil...
    Moga ngga kejadian lagi yaa mba..

    ReplyDelete
  26. Akhir2 ini aku srg dpt undangan gratis gini.. Tp blm ada 1 pun yg aku co firm utk dtg krn jujurnya ga percaya sih mbak.. Acaranya gratisan, tp kok ya feeling bilang too good to be true :p. Takutnya ada jebakan batman gini :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gitu deh...kalo guyonan ama suami sih biasanya "gratis kok minta selamet" hehehe...tapi ga semua gratisan itu ga bagus sih ya...kadang tetep ada yang pasti oke undangannya

      Delete
  27. ya ampun, ikut kesel bacanya. semoga acara dg 'jebakan' model begini tdk terjadi lagi.
    btw, aku kok kepo sama huruf T yg harus ditulis gede sama mba adminnya. kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya mbak semua pada kepo sama huruf T besarnya

      Delete
  28. Huft nyesek juga ya mbak..kalo seandainya itu juga yg saya alami..pasti udh ngedumel dalam hati deh sepanjang jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya nggak ngedumel sih mbak tapi pulang langsung nulis...hehehe

      Delete
  29. Alhamdulillah..Koran Sindo akhirnya menelepon saya dan mohon maaf. Mereka mengaku salah karena lupa menghapus nama Trinity pada waktu merencanakan event ini, sehingga undangannya jadi menyebar ke mana-mana dengan tetap mengandung nama Trinity.

    Sindo sudah membuktikan itikad baiknya untuk mempedulikan kelelahan yang dialami saya dan teman-teman yang kecele atas acara ini.

    Problem sudah selesai ya.

    Hikmah dari kejadian ini adalah jangan pernah percaya pada undangan apapun yang ditulis dengan gaya tulisan yang acak-acakan, apalagi yang dicurigai caps lock keypad penulisnya rusak pada huruf T sehingga menghasilkan huruf besar semua, hahahahah..
    Sepertinya penulis undangannya perlu berguru lagi kepada guru bahasa Indonesia sekolah kita dulu. Atau minimal periksa ke dokter neurologi, jangan-jangan si penulis itu mengidap T-caps-lock-specified dyslexic.. wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya poin pentingnya jangan pernah percaya pada undangan dengan tulisan alay

      Delete
  30. Terima kasih sudah di sharing, Mbak. Jadi peringatan untuk saya lebih teliti lagi untuk ikut acara blogger.

    ReplyDelete
  31. astaghfirulloh. kejam amir, mbak. semoga saya kalo mengajak dulur kabeh gak sampai mengecewakan ya.

    wis, semoga plong mari nulis. dipasrahno nang Gusti Alloh. mugo2 oleh ganti sing luwih apik tur barokah.

    semoga krucils n ortunya sehat selalu.

    salam
    @nuzululpunya

    ReplyDelete
  32. Hikmahnya komunitas itu tak lagi pakai T dan F gedhe di status2nya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak april aku baru ngeh lo kalo ini yang pernah mbak april obrolkan dulu

      Delete