Friday, July 14, 2017

Mam, Aku Mau Pakai Sendiri!!!

Seperti biasa sudah hampir satu bulan ini saya mencoba mengajarkan kemandirian sama si kakak, ternyata si adik pun nggak mau kalah.



Mulai dari mandi sendiri, makan sendiri cebok sendiri, pakai celana (dalam) sendiri. Nah kali ini tiba-tiba si adik minta pakai baju sendiri.

Selesai mandi, seperti biasa maunya saya pakaikan baju, biar cepet gitu. Ini emaknya sudah boyokan soalnya. Haha...

Eh nggak tahunya si adik loncat-loncat, mancal-mancal ngamuk... Bajunya diminta...

Terus saya ingat nasehat beberapa fasilitator institut ibu profesional yang mengatakan kepada saya untuk belajar bersabar membiarkan anak-anak mandiri. Nah, kalau anaknya sendiri sudah mau mencoba, giliran emaknya yang harus bisa sabar.

Saya perhatikan, dia mulai memasukkan kepalanya kedalam lubang kaos. Kemudian ganti tangannya mencari-cari lubang untuk tangan.

Lamaaaaaaaaaaaa banget... *emaknya mulai gemes nih...
"Sabar-sabar, anakmu masih usaha!" Begitu bisik saya dalam hati.

Dan kemudian, taraaaaaaa... Si adik berhasil pakai baju sendiri 😍😍😍

Bagaimana dengan kakak?
Kakak, akhirnya saya tawarkan juga, "Gimana kakak mau belajar pakai baju sendiri?"

Kakak pun setuju... Dan lagi-lagi dia mencari lubang baju satu persatu...

Dari sini saya jadi ikut belajar, belajar untuk bersabar. Hehe...

Oh iya, untuk makan, hari ini mereka mau makan sendiri tapi cuma sampai dua atau tiga suapan saja. Setelahnya mereka minta suapin, katanya capek... Hihi...

#Level2
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10hari
#day2

1 comment:

  1. Adek jagoan loh..
    kak almas aja belum request belajar pake baju sendiri, eh almira langsung request..

    ReplyDelete