Tuesday, July 25, 2017

Mam, Aku Minta Disuapin Saja...

Oke, jadi ini sebenarnya saya masih dalam rangka tantangan kelas bunda sayang (bunsay) level 2 di institut ibu profesional, dimana saya ditantang untuk mengajarkan kemandirian untuk anak-anak saya. Pada dasarnya sebenarnya saya sudah mulai lebih awal jauh sebelum adanya tantangan dari kelas bunsay, tetapi dengan adanya kelas bunsay ini saya jadi semakin bersemangat melakukannya. Terutama tentang kemandirian kakak adik makan sendiri.


Simpel sih ya sebenarnya tantangannya, yang nggak simpel itu kalau makannya berantakan terus bikin lantai jadi lengket dimana-mana. Okelah tak apa, kalau takut kotor, kan mana bisa maju ya...


Setelah sebelum-sebelumnya saya harus dipusingkan dengan mengakali memberi alas plastik dan sebagainya di lantai, dan lama-lama kok ya malah males, alasannya karena ketika pakai plastik yang sekali buang, alasnya jadi licin kuatir anak-anak keselip jatuh. Sedangkan kalau mau pakai alas yang nggak sekali pakai yang ada setelah acara makan saya tetap harus cuci plastiknya. Ah, pikir saya, "Ngapain kerja dua kali! Mending langsung di lantai nanti kalau kotor kan sekalian lantainya disapu dan di pel. Itung-itung biar lantainya makin mengkilap."

Meski demikian beberapa kali ternyata kakak maupun adik masih minta disuapin. Seperti kakak yang kemarin tiba-tiba bilang, "Mam, aku minta disuapin saja."


Disitu langsung saya tanya, "Kenapa harus disuapin?"

Ternyata alasannya, "Kan, kakak masih kecil belum segede mamam."

Oalaaaaahhhhh bayangan dia kalau masih kecil harusnya masih disuapin toh.

Akhirnya lagi-lagi saya sounding pelan-pelan, "Kak, kakak tahun depan itu sudah sekolah lho! Kalau masih disuapin nanti gimana kalau pas di sekolah?"

Dengan santai kakak jawab, "Yah, kan nanti kakak di sekolah ditungguin sama mamam..."

Saya pun tersenyum menjawab, "Lho, ya enggak lho kak... Nanti kalau kakak sekolah kan sudah ketemu banyak teman, jadi mamam paling cuma antar kakak saja lalu mamam akan pulang, dan baru jemput kakak lagi waktu jam sekolah selesai. Nah, nanti kalau kakak di sekolah lapar gimana? Masak nunggu mamam datang dulu untuk nyuapin?"

Kakak pun hanya diam sebentar.

Terus namanya emak nih ya kan masih nggak tega, jadi masih saya suapin tuh sesekali. Hehe...

Tadi pagi pun masih dalam episode saya suapin, entahlah kalau pagi saya perhatikan memang baik kakak maupun adik kalau makannya nggak disuapin, hampir bisa dipastikan makanannya malah nggak kejamah.

Jadi mau nggak mau untuk pagi saya masih harus berjuang menyuapi sambil sesekali saya sounding seperti tadi.

Siangnya, saat saya tawarkan kepada kakak adik mau pakai piring apa? Si adik minta pakai piring doraemon, si kakak minta pakai piring Anna (Frozen), tiba-tiba saja si kakak nyeletuk, "Mam, aku makan sendiri ya..."


Alhamdulillah, siang ini si kakak mau belajar makan sendiri. Adiknya sempat makan sendiri sekitar 3 suapan, sayangnya ketika saya melengos pegang gadget bentar (ini salah saya sih ya, nemenin tapi malah buka gagdet), eh tangan si adik sudah asyik obok-obok ke dalam gelas minumnya, jadilah saya sempat ngomel... (-_-')

Nah, saat itu si adik akhirnya malah merengek minta disuapin. Saya lihat kali ini si adik minta suapin sebagai bentuk mengekspresikan diri ingin diperhatikan dan dimanja oleh saya. Okelah kali ini saya mengalah dulu untuk menyuapi si adik.

Duh, sebenarnya hari ini saya juga ada cerita lain tentang adik yang akhirnya mau bersihkan tumpahan es jeruknya, plus kakak adik yang mau kerja sama beres-beres mainannya yang berserak di atas kasur. Sesuatu banget dah itu rasanya setelah sebelumnya adik suka godain saya kalau pas diminta beres-beres sesuatu... Berasa kayak saya dapat prestasi baru. Hehe...


Sedang untuk urusan memakai baju sendiri, masih sama seperti biasa, mereka mau usaha pakai dan lepas baju sendiri. Bedanya tadi pagi si adik bahkan nggak mau saya bantuin untuk lepas bajunya. Sampai lama banget dia usaha, akhirnya setelah kakaknya selesai mandi baru dia minta bantu dilepasin. Eaaaaaa...

#Level2
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10hari
#day13

No comments:

Post a Comment