Wednesday, July 26, 2017

Masih Episode Mengajarkan Kemandirian

Duh, semoga yang baca pada nggak bosen ya... Kebetulan bulan ini memang kami lagi dapat tantangan mengajarkan kemandirian kepada kakak adik dari kelas bunda sayang institut ibu profesional. Jadi sebenarnya apa saja sih yang sedang kami ajarkan kemandiriannya. Tugas tantangan yang harus dikerjakan minimal 1 maksimal 4.

Saya sendiri sebenarnya sudah mulai beberapa waktu lalu melatih kemandirian kepada kakak adik untuk beberapa list dibawah ini:
  • Belajar Mandi Sendiri
  • Belajar Sikat Gigi Sendiri
  • Belajar Memakai dan Melepas Baju dan Celana Sendiri
  • Belajar Makan Sendiri
  • Belajar Merapikan Sesuatu
  • Belajar Tidur Sendiri
  • Belajar Cebok Sendiri
Nah, banyak banget ya??? Padahal kan maksimal 4... Hehe... ya gimana, kan saya ngerjainnya sambil jalan saja, karena memang sudah jalan ya sudah saya tinggal membiasakan untuk kakak adik.

Seperti biasa pagi ini, saya  meminta kakak adik untuk belajar melepas kaosnya sendiri sebelum mandi, kemudian saya arahkan agar kakak mau menaruh baju kotornya di dalam bak pakaian kotor. Setelah itu si seperti ritual biasanya ya udah pipis dulu, setelah pipis si kakak mencoba mengambil air sendiri yang sudah saya sediakan di bak kecil dengan gayung kecil yang ada di depannya.

Lalu saya pun menyediakan sikat gigi dengan pasta giginya, dan mereka pun menyikat giginya sendiri. Dilanjut saya beri instruksi kepada kakak adik untuk mau mengguyur badannya. Untuk si adik ini yang sempat terjadi drama emaknya bengok-bengok. Gimana nggak bengok-bengok kalau adik menyiram badannya tidak rata, tetapi ketika akan saya bantu, si adik nggak mau (-_-").

Setelah selesai mandi, kakak dan adik meminta memakai bedak sendiri dan baju sendiri. Oke saya biarkan dan mereka bisa. Yeiii...

Oh iya tadi sebelum mandi saya juga sempat meminta kakak adik memakan makanannya sendiri, tapi lagi-lagi untuk pagi hari baik kakak adik masih agak susah diminta makan sendiri, karena bahkan makanannya pun nggak diincip. Setelah saya ingat-ingat ya memang bagaimana mereka mau makan, kalau sebelumnya mereka sudah habis terang bulan keju strawberry sangat banyak. Eaaaaaa...

Lho, jadi ceritanya, makan dulu nih baru mandi?
Untuk hari ini iya, karena udah kesiangan, biar jam makan siang dan makan malamnya nggak mundur saja sih.

Oh iya untuk acara tidur sendiri ini jika tengah malam baik kakak maupun adik masih sering menyelinap pindah tidur ke kamar kami. Lucunya si adik yang terlalu sayang kepada kakaknya, bahkan sesaat setelah menyelinap di kamar kita dia membangunkan yayahnya meminta agar kakaknya juga dipindah ke kamar kami. Haha...

Untuk merapikan mainan, tadi malam saking lelahnya saya bahkan saya biarkan saja meski rumah berantakan. Maklum emaknya sudah lelah ngomel. Tapi pagi tadi setelah bangun tidur, saya pun meminta kakak adik membereskan mainan yang berserakan karena sudah mau waktunya makan pagi. Kakak pun tidak keberatan, dan dia hanya berkata pada adiknya, "Dek, ayo bantuin kakak beresin mainan!"

Syippppp... begitu cerita kami menjalani tantangan institut ibu profesional kelas bunda sayang level 2 kali ini.

#Level2
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10hari
#day14

No comments:

Post a Comment