Wednesday, July 19, 2017

Tantangan Mengajarkan Kemandirian Anak Makan Sendiri

Oke, sudah berhari-hari ini saya berusaha mengajarkan beberapa kemandirian kepada anak-anak saya. Salah satunya belajar makan sendiri. Terkesan sepele memang, tapi ternyata banyak tantangannya.



Seperti sehari sebelumnya yang tiba-tiba baik kakak maupun adik nggak mau makan makanannya malah ditinggal mainan.

Nah, hampir sama, pagi ini juga terjadilah tantangan sepele tapi cukup bikin emaknya mangap-mangap pakai nada cempreng.

Jadi, setelah saya buka kulkas, baru sadar ternyata kulkas saya sudah berkurang banyak. Tapi tetep alhamdulillah, masih ada stok untuk lauk hari ini.

Berhubung kemaren jam makan penuh drama, jadi pagi ini saya agak nggak semangat masak. Ini juga tantangan dari dalam diri saya sebenarnya. Haha...

Tapi kalau saya malas masak, nanti anak-anak malah nggak makan. Jadi lauk yang ada sedikit saya modif. Daging goreng biasa sih sebenarnya, tapi saya kasih tepung kremes. Karena menunya daging kremes jadi jelas nggak pakai sayur.

Lalu saya ambilkan nasi dan lauk untuk kakak adik di piring yang berbeda. Tantangan kedua, mereka berebut piring.

Padahal biasanya si kakak pakai piring doraemon, adik hello kitty. La kok sekarang minta piring doraemon dua-duanya.

Duh, rebutan lagi 😑

Jadilah saya putuskan makan pakai piring 1 untuk berdua.

Setelah piring di depan mereka, lah tiba-tiba si adik minta pup ← ini nggak tahu udah tantangan ke berapa. Sudah minta pup, eh mintanya pup sambil megangin tangan saya. Oke saya turutin, jadi si kakak maem sendiri.

Selesai nemenin si adik pup yang ternyata nggak pup, saya lihat piring masih penuh.

Lalu saya tanya si kakak, "Lho kenapa nggak dimakan?"

Ternyata dia jawab, "Aku maunya disuapin mam..."

"Lho, kenapa disuapin? Kan kakak harus bisa maem sendiri, katanya mau sekolah?" Begitu tanya saya.

Dan si kakak pun menjawab, "Nggak mau mam, aku maunya disuapin. Aku kan belum gede."

Oalaaahhh, berhubung matahari sudah mulai naik, ya wes lah sementara saya suapin dulu, sambil saya sounding kalau kakak sudah gede, jadi harus mulai belajar maem sendiri, karena nanti katanya mau sekolah? Kalau di sekolah siapa yang mau nyuapin?

Kakak pun diam menyimak bersama si adik... Hehe...

#Level2
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10hari
#day7

2 comments:

  1. abis itu tantangan toiletries juga ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tantangan lepas pampers udah lulus, yang belum tantangan cebok abis pup... Hihi...

      Delete