Tuesday, August 29, 2017

Diary Diet Ketofastosis day-25 #kf25

Nggak kerasa, ternyata diet keto yang saya jalani sudah berada di hari ke-25. Selama itu juga saya mengalami naik turun mood. Apalagi ketika saya diserang rasa mual muntah yang sangat parah!!!

Sambal Matah Keto Ini Favorit Saya
Pas Mual Bisa Bantu Ngilangin Mual, Tapi Sekaligus Bikin Mules Seharian 😂😅

Mungkin sudah 1 minggu ini saya sering merasa mual jika dihadapkan dengan makanan berlemak. Jangankan berhadapan, dengar namanya saja sudah mual 😑

Nggak sampai di situ, bahkan makin lama untuk makan rasanya berat!!! Gimana nggak berat, mau makan sudah mual. Selesai makan makin mual sampai muntah-muntah nggak karuan!!!

Duh sempet mikir saya ini bulimia lagi apa gimana, tapi saya nggak ada perasaan bersalah kok! Ini memang asli mual kok!

Sempat mikir, ah nggak makan saja deh. Ternyata nggak menyelesaikan masalah, karena ketika saya nggak makan, mual tetap datang, muntah tetap lanjut. Gimana sih rasanya muntah-muntah pas nggak ada makanan masuk?! Ngenes 😂😅

Udah gitu badan jadi gemeter nggak karuan, dan kadang sampai sakit kepala. Duh, jangan-jangan saya hipoglikemia nih.

Kemaren saat saya akan melakukan general check up, saya mengalami hal yang sama, pusingnya sampai di ubun-ubun plus gemeteran. Saya sampai bilang ke suami, "Yah, nanti kalau sampai aku pingsan tolong bawa ke UGD ya!!!"

Duh, tapi mbatin masak iya sih, saya akan membiarkan diri saya pingsan! Nggak saya nggak boleh begini.

Saya pun curhat ke suami, "Duh, pengen sehat dan menua bersama kamu saja kok ya prosesnya berat banget sih ya ... (sambil mewek), kalau nggak inget demi kamu aku mau lambaikan tangan ke kamera saja!"

Oh iya, saya general check up juga atas saran suami, karena saya merasa berkali-kali mual muntah nggak berkesudahan!

Ini udah kayak orang hamil muda aja deh, sumpah deh hamil muda aja nggak gini-gini banget 😂

Lalu, suatu ketika saya diajak masuk ke grup wa ketofastosis Gresik oleh Mbak Dias salah satu teman ibu yang mengenalkan diet ini kepada ibu saya, dan saya kenal dari ibu. Mengingat teman lebih senior, dan sering menjadi tempat saya mencari solusi jadi saya menyebutnya sebagai mentor.

Nah kenapa saya nggak minta ibu saya jadi mentor saya, karena meski lebih dulu diet ketofastosis. Tapi beliau masih sering banyak salah memahami protokolnya 😂 *duh bisa nyasar bareng kalau gini.

Nah di grup wa ini, kami mendapatkan pendampingan dari salah satu SIC, yang menurut saya lebih senior lagi, namanya Pak Chandra.

Suatu ketika saya mencoba sharing tentang kondisi saya ke Pak Chandra ini di Grup. Dan saya mendapat respon yang membuka wawasan saya.

Jika selama ini saya mengira mual muntah karena asam lambung naik, versi Pak Chandra ini, gejala yang saya alami adalah gejala Dehidrasi Elektrolit!!!

Wowwwww, kemana saja saya selama ini, sampai lupa pelajaran jaman kuliah tentang dehidrasi 😅 *kebanyakan tidur sih pas kuliah 😂

Iya juga, seingat saya dulu pernah dapat pelajaran, saat kita diare parah tubuh kita akan mengalami dehidrasi, dan itu juga bisa memicu mual muntah *semoga saya nggak salah inget ya 😅

Lalu oleh Pak Chandra saya disarankan untuk me-rehidrasi tubuh saya, ada banyak caranya :
- Dengan makan kaldu. Catatan, kaldu KF di sini bukan dari daging ya, melainkan dari tulang. Bisa juga dari ceker ayam, dari kulit udang dsb. Alasannya nanti insya Allah kapan-kapan saya tulis ya ...
- Boleh minum pocari sweat ioness yang biru muda itu (sehari maksimal 2 botol)
- Ngemut garam Himalayan (Himsalt) → Boleh pas jam puasa
- Tetap usahakan makan. Iya, toh nggak makan juga bukan solusi, selain malah mual muntah juga Bb nggak akan turun lho!
- Makan Ati (Eh hati) 😂 ← duh pak, emak-emak mah kalau tanggal tua gini cukup bisa makan ati kok tiap lihat saldo atm yang belum keisi 😂

Garam Himsalt Andalan di Saat Mual

Lalu karena teh hijau kalau nggak salah inget juga bisa meningkatkan asam lambung, saya sempat nanya apa nggak apa-apa tetap minum teh hijau? Disarankan untuk sementara teh hijaunya diencerkan saja jangan terlalu pekat.

Oke jadi pagi hari ini, saya terbangun dalam kondisi mual lagi 😅

Lalu dengan cekatan saya buru-buru minum VCO dan madu IH, plus teh hijau diencerkan, ternyata masih mual. Lalu saya mencoba ngemut himsalt, yang ternyata berasa kayak nggado bumbunya manisan yang asin-asin itu 😂

Hasilnya, amazing mual saya tiba-tiba hilang nggeledes gitu saja *ini kalau dibaca teman-teman saya pasti dikomplain, "opo maneh itu bahasa nggeledes" 😂

Oh iya, ada beberapa teman yang tanya, gimana progressnya sekarang? Kok belum ada fotonya? Hehe sengaja belum share foto biar nanti surprise 😋

Sebagai catatan saat ini BB baru turun 6 kg, lingkar perut juga baru susut sekitar 8 cm an. Duh baru segitu saja udah pamer! Ya kan sebagai self reminder saja 😋

No foto = Hoax?
Biarin dibilang hoax, ntar share foto juga dikira hoax 😂

Soalnya goalnya kan nggak cuman sekedar langsing saja, tapi sehat dan menua bersama suami 😘

Oh iya untuk catatan menu diet keto saya, biasanya saya upload dalam bentuk foto di ig saya @vety_fakhrudin

Disclaimer : Catatan ini ditulis oleh seorang pelaku diet ketofastosis yang masih newbie dan masih harus terus belajar dari para senior, jadi tidak menutup kemungkinan masih ada koreksi sana sini.

1 comment: