Tuesday, November 28, 2017

Cara Memaafkan Trauma Inner child

Inner child, merupakan jiwa anak-anak yang masih ada dalam diri kita yang sedikit banyak dipengaruhi oleh lingkungan (pola asuh sekitar) kita ketika bertumbuh. Ternyata diakui atau tidak hal ini berpengaruh pada kehidupan kita, termasuk kehidupan dengan pasangan kita, dan pola asuh untuk anak-anak kita.


Saturday, November 25, 2017

Ngadepin Hutang Teman? Tagih atau Ikhlaskan?

Duh, kalau soal hutang-hutangan agak gimana gitu ya nagihnya. Kadang mau ditagih nggak enak, nggak ditagih kok ya orangnya lupa. Entah lupa atau pura-pura lupa saya sendiri nggak tahu. Yang penting nggak boleh suudzon. Bwahahahaha ... *eh ngakak deh ... Hush ngakaknya nggak boleh lebar-lebar 😅

Friday, November 24, 2017

Matematika Hati untuk Self Reminder

Ceritanya, sebenarnya sudah agak lama saya sering dibuat agak gimana gitu sama salah satu teman ketika melemparkan komentar di percakapan whatsapp. Gimana yang gimana maksudnya? Ya gimana ya suka ngeselin gitu, kalau kasih komentar.


Thursday, November 23, 2017

Menyetir Mudah dengan Ilmu Matematika

Menyetir mobil ternyata bisa menjadi hal yang tidak mudah bagi sebagian orang. Terutama bagi sebagian emak-emak (sebagian lho ya, jadi nggak semua). Kenapa bisa jadi begitu sulit sih menyetir mobil itu? Kalau kata tante saya sih kerasanya kayak bawa apa gitu yang gede banget jadi berasa kuatir nyenggol sana nyenggol sini.

Tuesday, November 21, 2017

Tuhan, Please ... Bantu Aku ...

Tuhan ...
Aku rindu ...
Ingin berkumpul dengan keluarga kecilku ...
Aku rindu mendengar canda tawa anak-anakku menyambut ayahnya pulang kerja ...

Friday, November 17, 2017

Efek Dari Menstimulus Anak Suka Membaca Sejak Dini

Setelah mengikuti game tantangan dari kelas bunsay level 5 Institut Ibu Profesional Surabaya tentang menstimulus anak agar suka membaca sejak dini, akhirnya saya merasakan efeknya.


Apa itu???

Investasi Anak Untuk Masa Tua Orang Tua???

Ini gara-gara obrolan ringan dengan salah satu papa blogger kekinian Mas Ihwan Hariyanto nih ... Berawal dari pertanyaan sepele, apa dan kenapa saya ada di Jawa lagi (padahal dulu udah pamit ke Balikpapan) sampai obrolan ringan tentang vlog yang membahas investasi anak untuk masa tua, gara-gara slogan "Banyak Anak Banyak Rezeki!"

Tuesday, November 7, 2017

Di Mana Harus Buang Uneg-Uneg?

Ada slogan mengatakan, "Buanglah sampah pada tempatnya!" Nah kalau uneg-uneg baiknya dibuang ke mana? Disimpen bisa bikin bisul. Mending kalau bisulnya keliatan kayak di jempol tangan saya kali ini, jadi bisa mikir lah apa obatnya. Lah kalau bisulnya di hati (baca : Mbatin), bisa jadi tekanan batin 😅.

Buanglah Sampah Pada Tempatnya

Sunday, November 5, 2017

Mengenal Ummu Umarah, Sahabat Nabi dari Seri Buku Anak

Kita mungkin sudah sering mendengar kisah Nabi dan para sahabatnya. Tak hanya Abu Bakar ash-Shiddiq, Umar bin Khatab, ternyata Nabi juga memiliki sahabat muslimah, atau biasa disebut dengan Shahabiyah. Saya sendiri awalnya jujur mengenal istilah Shahabiyah ini dari guru penulis saya. Di mana saya direkomendasikan untuk memperbanyak ilmu menulis saya dengan membaca buku-buku tentang Shahabiyah.

Saturday, November 4, 2017

Baca Al-Qur'an Biar Hati Tenang

Jadi sebenarnya sudah lebih dari dua bulan sepertinya saya ikut grup whatsapp, yang punya visi misi agar emak-emak kesundulan yang super sibuk bisa menyempatkan membaca ayat suci al-qur'an setidaknya sebulan bisa dapat 2 juz. Jadi kalau dihitung kira-kira kami harus menamatkan setengah juz seminggu. Lho kenapa nggak one day one juz saja sih? Memang targetnya nggak yang muluk-muluk dulu, karena visi misi awalnya memang yang penting membiasakan membaca al-qur'an dulu. Tapi kalau semisal dalam seminggu bisa menamatkan lebih dari setengah juz tugasnya ya nggak masalah sih, begitu kira-kira yang saya tangkap. Hehe ...

Friday, November 3, 2017

Dongeng Sebelum Tidur

Saya jadi ingat dulu saat masih kecil, ibu sering kali mendongeng. Sayangnya seiring waktu berjalan saya malah lupa dongeng apa saja yang sering diceritakan oleh ibu saya. Hingga akhirnya saya sempat menulis sebuah buku berjudul Dear Diary, Jangan Bete, di situ ada bab yang memang sengaja saya sisipkan dongeng rakyat sebagai salah satu kisah inspiratif yang bisa digunakan sebagai pelajaran sehari-hari. Sehingga saya pun mulai menyadari betapa berharganya moral yang disampaikan oleh dongeng yang dulu pernah disampaikan oleh ibu ketika saya masih kecil. Oleh sebab itu ketika saya melihat ada seorang penulis menerbitkan karya tentang dongeng sebelum tidur saya pun tertarik untuk memilikinya. "Bagaimanapun bukankah saya harus terus menambah ilmu saya agar bisa menjadi ibu teladan untuk buah hati saya, juga bisa dibanggakan oleh suami saya?" begitu pikir saya.

101 DONGENG SEBELUM TIDUR, karya Redy Kuswanto, penerbit : Laksana Kidz. Akhirnya buku yang saya pilih untuk menambah referensi bacaan saya untuk membersamai anak-anak.

Thursday, November 2, 2017

Belajar Jadi Smart Mom dari Jendela Dunia

"Duh, ngapain sih baca-baca buku remaja! Buang-buang waktu saja!" Begitu batin saya dulu sebelum saya mulai mencintai dunia menulis. Hingga akhirnya saya tanpa sengaja ketemu dengan salah seorang penulis buku best seller (buku motivasi islam) di media sosial facebook, dan berguru tentang dunia kepenulisan kepada beliau. Dari situ saya belajar banyak. Salah satunya akhirnya saya mulai menyadari betapa pentingnya kebiasaan membaca buku.
Salah Satu Buku Antologi
Yang Membuat Saya Memutuskan Berguru Kepada Beliau

Wednesday, November 1, 2017

Yuk Baca, Biar Keren ...

Hari ini, karena saya harus menjaga ibu mertua di rumah sakit, jadi saya memutuskan untuk membawa buku berjudul Cerita-Cerita Memikat dari Sahabat. Buku ini merupakan terjemahan dari Qishash Rawâha al-Shahâbah Ridhwanullahi 'alaihim, karya Dr. Utsman Qadri Mukanisi. Penerjemah : Nur Alamsyah.