Tuesday, January 16, 2018

Kakak Suka Menggambar. Apakah Minat atau Sekedar Hobi?

Akhir-akhir ini saya sering melihat si kakak suka sekali menggambar. Bahkan dia pernah sekali merasa sedih ketika tanpa sengaja saya membereskan kertas-kertas yang ternyata dianggapnya karya masterpiece nya.

Monday, January 15, 2018

Kreatif atau Hiperaktif? Si Adik Nyungsep di Bak Mandi

Pagi ini sejujurnya saya sempat dibuat sport jantung sama si adik. Jadi ceritanya, seperti biasa kakak adik minta diijinkan bermain gadget. Saya pun mengijinkan dengan syarat, mereka harus sudah sarapan dan mandi dulu. Jadi oke, mereka pun sepakat makan dulu, karena memang jam makan sudah terlambat. Nah, setelah makan ini mereka buru-buru minta mandi. Tapi karena saya masih menyelesaikan beberapa pekerjaan di dapur, jadi mereka mandi, sembari sesekali saya bantu menyiapkan apa yang dibutuhkan mereka selama di kamar mandi.

Sunday, January 14, 2018

Mencoba Menggali Minat Kakak Adik dari Keseharian

Maksud hati pagi ini maunya main ke pasar, terus lanjut ke pantai. Apa daya, tiba-tiba kehabisan air. Mau nggak mau kami harus nunggu air datang. Jadi ya sudah sembari nunggu air kami nggak ngapa-ngapain selain nonton tv sambil menebar bauk asem karena belum mandi. Lah gimana mandi kalau airnya saja nggak ada 😅

Saturday, January 13, 2018

Belajar Memahami Minat Bakat Anak

Hari ini, kami memutuskan untuk mengunjungi kebun raya balikpapan, bersama suami, anak-anak, juga ibu dan adik saya. Dari kunjungan tersebut saya banyak belajar.

Friday, January 12, 2018

Pentingnya Sebuah Pengakuan dan Penghargaan

Ibu rumah tangga, mungkin begitu salah satu sebutan yang sering membuat kita merasa diabaikan, disepelekan atau entahlah apa lagi namanya. Saya sendiri ingat betul ibu pernah curhat karena mendengar ada seorang kerabat yang mengatakan kurang lebihnya, "Ngapain sekolah apoteker itu sudah ada contohnya lulusan apoteker pengangguran."
Permisi Ibu Rumah Tangganya Lagi Olah Raga
Hehe ...

Thursday, January 11, 2018

Anak 2 Berasa Anak 10??? Salahnya Di mana???

"Duh ... Anak cuma 2 aja kok berasa kayak anak 10 sih!" Begitu canda ibu saya kalau melihat tingkah duo kakak adik ini. Sebenarnya saya sendiri mengakui, kalau adakalanya saya suka mumet dan ngerasa nih duo bocils kok kayak gangsing 😅
Anteng Sesaat Pas Nonton TV 😅
Tapi apa iya anak disuruh nonton TV mulu 😅

Wednesday, January 10, 2018

Kapan Usia Tepat Anak Masuk Sekolah??? Pertanyaan Yang Sering Bikin Galau Sebagian Ortu

Sebenarnya sudah lama, saya sering membaca pembahasan tentang kapan usia tepat anak sebaiknya sekolah? Teorinya sih gampang, kebanyakan akan menjawab usia 7 tahun sebaiknya anak baru dimasukkan sekolah tingkat SD. Hal ini dikaitkan dengan teori kapan anak sebaiknya diajarkan calistung alias membaca menulis dan berhitung. Di mana sudah banyak dibahas, salah satu info yang pernah saya dapat dari salah seorang sahabat yang dulunya pernah bergelut di bidang pendidikan, bahwa ketika usia 7 tahun, anak akan siap belajar calistung karena terkait dengan bagian otaknya.

Tuesday, January 9, 2018

Menggali Minat, Bakat, dan Potensi Anak

Beberapa waktu lalu, saya sempat berdiskusi dengan salah satu sahabat, yang dulunya pernah berprofesi menjadi pengajar. Mbak Enji, sebut saja begitu saya memanggilnya. Kalau sebelum-sebelumnya kami suka bahas kapan waktu tepat anak sekolah, sampai apa yang harus kita persiapkan saat mencari sekolah tepat untuk anak, maka kali ini kami membahas soal fokus menggali minat, bakat, dan potensi anak.

Monday, January 8, 2018

Saat Adik (Sempat) Menghilang di Keramaian

Kemaren, saat jalan ber-empat dengan suami juga kakak adik, si adik sempat menghilang dari pandangan sekejap mata. Kami seketika itu juga langsung panik. Gimana nggak panik, kalau tadinya baru saja kami turun dari eskalator semua masih formasi lengkap, kok giliran sampai bawah nggak kelihatan satu.
Gambar : Hanya Ilustrasi

Sunday, January 7, 2018

Usia Berapa Anak Bisa Belajar Renang? Info Les Renang di Balikpapan

Sebenarnya sudah lama, kami (suami dan saya) ingin mencarikan tempat les renang untuk anak-anak, terutama si kakak. Mengingat kami melihat si kakak sangat antusias jika kami ajak berenang dan bermain air.

Saturday, January 6, 2018

Semua Anak adalah Bintang

Fokus pada minat dan bakat anak, adalah cita-cita visi misi suami dan saya, dengan harapan ke depannya anak-anak bisa bertumbuh dengan bahagia, karena bisa bekerja dengan bahagia. Tapi pencarian minat dan bakat tersebut ternyata memang tidak mudah bagi kami, karena bahkan dengan usia kakak adik yang terlalu dekat, selama ini kami berusaha untuk menyamakan mereka agar tidak terjadi Sibling Rivalry.


Friday, January 5, 2018

Bintang Keluarga, Setiap Anak Berbeda dengan Keunikannya

Memiliki anak dengan usia berjarak dekat, ada kalanya membuat kami pribadi tanpa sadar terkadang jadi membandingkan satu sama lain. Biasanya ini terjadi tanpa sengaja, jika salah satu dari mereka terlihat menyebalkan tidak seperti yang saya harapkan. Hingga akhirnya semakin ke sini kami mulai sadar, bahwa mereka memang berbeda karena memiliki keunikan masing-masing. Jadi rasanya nggak adil kalau saya memaksakan mereka harus sama.