Friday, October 26, 2018

Pengalaman Kontraksi Dini di Usia Kehamilan Kembar 26-27 Minggu

Konon banyak yang bilang kehamilan kembar itu termasuk kehamilan yang beresiko sejak awal. Sedangkan saya sendiri ngerasanya so far so good. Saking pedenya saya sampai beberapa kali melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, tentunya dengan konsultasi ke dokter terlebih dahulu ya. Terakhir saya terbang ke Jawa lagi itu kalau nggak salah sekitar bulan September, itu pun dokter sudah kasih kode habis ini kalau bisa saya anteng di rumah saja. Memang sih akhirnya saya anteng nggak riwa-riwi naik pesawat lagi, tapi bagaimanapun saya tetap masih sibuk riwa-riwi antar jemput si kakak sekolah kan. Lalu tiba-tiba di usia kehamilan 26-27 minggu (sekitar akhir september) setiap malam selama 2-3 hari berturut-turut perut saya terasa tidak nyaman penuh kencang, dibarengi dengan rasa pusing, keringat dingin, mual, muntah, diare. Pokoknya campur aduk semua, dan paginya saya selalu merasa lemas, seperti tidak ada tenaga.


Friday, September 28, 2018

Surat Ijin Terbang Untuk Ibu Hamil Kembar

Sebenarnya perlu nggak sih, ibu hamil minta surat ijin terbang ke dokter ketika akan naik pesawat? Kalaupun perlu usia kehamilan berapa bulan ibu hamil sudah harus mengantongi surat ijin terbang dari dokter kandungan? Kalau hamil kembar bagaimana?
Informasi Tentang Aturan Ibu Hamil Yang Akan Melakukan Perjalanan dengan Pesawat
(Sumber : Dok. Pribadi)

Thursday, August 30, 2018

Catatan Hamil Kembar di Usia Kehamilan Sekitar 16 Minggu

Hello Twin ... How are you??? Begitu kira-kira keseruan sapaan kami kepada si janin kembar setiap kami melakukan jadwal kontrol dengan dokter kandungan. Lalu salah satu pertanyaan yang pasti saya ajukan ke dokter, yaitu : "Sudah seberapa besar ukuran mereka saat ini ya???"


Monday, July 9, 2018

Sharing Pengalaman Naik Pesawat Saat Hamil Muda (Kembar)

Hamil boleh naik pesawat??? Kalau bayangan saya selama ini sih hanya kehamilan di atas 7 bulan yang nggak dibolehin naik pesawat dengan alasan takut mberojol alias lahiran di atas pesawat. Faktanya setelah googling dan baca-baca, kok katanya hamil muda termasuk yang rawan juga untuk naik pesawat. Waduh ... Lalu kalau terpaksa harus naik pesawat di usia kehamilan muda gimana dong??? Jadi kali ini saya ingin sharing pengalaman naik pesawat saat hamil muda agar tetap nyaman dan diusahakan Insya Allah aman.

Bismillah, Sehat Terus Ya Semuanya ...

Tuesday, June 26, 2018

Persiapan Mau Naik Pesawat Ketika Hamil Kembar Edisi Curcol

Bismillahirrahmanirrahim ... Rasanya sudah lama saya jarang update tulisan di blog. Hehe ... Pagi ini Alhamdulillah saya bisa update tulisan di blog ini, setelah semalam saya berhasil tidur pulas. Berhasil berhasil horeeeee ... 😅 Oke jadi kali ini saya pengin curcol tentang kegalauan hati saya yang harus mempersiapkan diri melakukan perjalanan naik pesawat ketika hamil kembar 💪. Halah galau lak terus ... 😅

Tuesday, June 12, 2018

Mual Muntah Episode Hamil Kembar

Duh judulnya seru ya kayaknya 😅. Oke jadi, mumpung malam ini saya lagi nggak bisa tidur karena seperti biasa ada episode kembung di malam hari, jadi saya mencoba untuk berbagi apa yang bisa saya ceritakan di blog saya kali ini.


Seperti yang sering ditanyakan oleh teman-teman ke saya, mualnya gimana sih??? Katanya lebih mual kalau hamil kembar ya karena hormonnya doubel-doubel?

Sunday, June 10, 2018

Gimana Rasanya Tahu Hamil Kembar???

Dear Diary, dulu saya sering bermimpi pengin bisa hamil dan punya kembar. Mungkin saking penginnya itu dulu Allah kasih jawaban dengan memberi kami kehamilan kesundulan, di mana ketika si kakak usia 10 bulan saya hamil lagi anak ke-2. Pas jadi emak kesundulan rasanya nano-nano banget ternyata. Di situ saya sempat berpikir, oh mungkin makanya Allah belum kasih saya hamil kembar, karena boro-boro hamil kembar, hamil kesundulan saja udah berat jenderal 💪😅

Kakak-Adik (Doc. Pribadi)

Sunday, June 3, 2018

Kapan Ibu Hamil dikatakan Nggak Kuat Puasa???


Setelah bertekad usaha bisa full puasa sebulan penuh meski sedang hamil, akhirnya memilih nggak puasa setelah dapat masukan dari banyak teman2, karena meski saya "merasa kuat" faktanya di bawah alam sadar saya sepertinya "saya nggak kuat". Lho kok bisa gimana ceritanya???

Wednesday, May 30, 2018

Berapapun Anak Kita, Kita Akan Menjadi Orang Tua Baru

Kita akan selalu menjadi orang tua baru di setiap kehadiran buah hati kita ke dunia.


Iya karena kita akan selalu mendapat pengalaman baru di setiap kehadiran mereka di tengah kita.

Wednesday, May 23, 2018

Meraup Kesempatan Emas dari Internet dan Media Sosial

Duh ... Emak kayak saya kalau bisa cari duit tambahan dari internet pasti matanya langsung ijo. Haha ... Ya iyalah ... Kalau saya mikirnya, enak dan gampang banget nih kayaknya buat saya yang memilih jadi stay at home mother alias ibu rumah tangga yang mau nggak mau, diakui  atau nggak sering dipandang sebelah mata sama sebagian orang. Hehe ...

Manfaatkan Gadget dan Medsos dengan Makasimal

Tuesday, May 22, 2018

Fitrah Seksualitas dan Pentingnya Pendidikan Seks Sejak Dini


Pendidikan Seks sejak dini, begitu kira-kira yang sering digadang-gadangkan akhir-akhir ini. Whattt??? "SEX EDUCATION" 😱😱😱

Saturday, May 19, 2018

Berburu Paket Murah Ke Karimun Jawa

Sudah lama sebenarnya bisa dibilang saya hampir tidak pernah berlibur bersama keluarga. Alasannya sepele, soalnya kepentok budget. Maklum anak-anak sekarang bayar tiket (pesawat)nya sudah full. Jadi ya memang kerasa sih ... Hehe ... Terus mikirnya ya simple, ya sudah lah nggak usah jalan-jalan dulu, fokus nabungnya buat sekolah anak-anak dulu. Maklum biaya sekolah sekarang bisa bikin kepala mamak jadi cekot-cekot mikirnya.

Friday, May 18, 2018

Hubungan Fenomena Fatherless vs Fitrah Seksualitas pada Anak

Tema yang dibahas oleh kelompok 7 di kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional level 11 ini adalah mengangkat tentang Fitrah Seksualitas yang dihubungkan dengan Fenomena Fatherless.

Thursday, May 17, 2018

Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak

Untuk menjadi orang tua hebat, tentu kita menyadari bahwa kita harus terus mau belajar meng-upgrade diri kita. Salah satu langkah yang saya tempuh adalah mengikuti kelas di Institut Ibu Profesional, yang mana saat ini saya sudah berada di Level 11 kelas Bunda Sayang. Ternyata materi yang diberikan memang seru, seperti di level 11 ini kami diminta untuk membuat grup kecil yang mendiskusikan tema tentang Fitrah Seksualitas. Dari hasil diskusi tersebut maka tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan dan yang lainnya memiliki tugas menuliskan resume masing-masing 

Tuesday, April 24, 2018

Cara Tampil Mempesona Meski Muka Pas-Pas an

Oke beberapa waktu lalu suami menawari saya untuk ikut lomba kartinian di kantornya. Tapi sejujurnya saya nggak pede. Jadi saya mengajukan syarat kalau boleh saya ikut tapi model anti mainstream. Atas kebayaan bawa pakai sepatu kets, boleh nggak? Lantas dia pun hanya terdiam terpaku mungkin ngilu lihat istrinya yang semakin mbelehar 😂😂😂

Monday, April 23, 2018

Membiasakan Duo Bocils Minum Air Putih dengan Dongeng


Baru kemaren ngobrol sama suami, Alhamdulillah so far selama di Balikpapan anak-anak sehat terus. Kami menebak-nebak mungkin karena hawanya yang sejuk. Lah di sini masih banyak pohon rimbun, yang konon kalau ngobrol sama suami itu sih hutan lindung. Hehe ... ← Ini info dari suami sih pas nanya, "Kenapa sih kok pohon-pohon gede nggak ditebang aja?" Jawaban dia, "Ya karena itu termasuk hutan lindung." ← Embuh bener mbuh nggak ya 😅
Beberapa Pohon dan Tanaman Rimbun yang Membuat Hawa Menjadi Sejuk 

Friday, April 20, 2018

Belajar Membiasakan Anak Tidur di Kamarnya Sendiri

Kalau ada yang tanya, "Kapan sih sebenarnya usia tepat membiasakan anak tidur sendiri???" Ini kayaknya momok pertanyaan yang sering dilontarkan beberapa emak-emak yang galau tidak bisa berekspresi bareng sang suami lantaran sudah ada bocils (biasanya lebih dari satu) di rumah. Hayooo ngakuuu 😂🤣


Thursday, April 19, 2018

Bercerita Biar Anak Doyan Makan

Jeng jeng ... Eaaaaaa baru nyadar kalau sudah lama nulis blog nya nggak serutin dulu. Maaf ya teman-teman soalnya mamak sundul yang satu ini lagi sok rempong banget deh. Oke jadi beberapa kali ada teman yang ketika melihat foto porsi makan anak saya katanya termasuk banyak.


Ah masak iya sih porsi segitu banyak 😅

Monday, April 2, 2018

Catatan Sederhana Tips Biar Nggak Boros ...

Saya tuh dulu suka bingung, apa coba hubungannya bikin catatan pembukuan sama biar nggak boros. Secara kan mau dicatat kayak apa ya kalau memang duit keluar ya sudah mau gimana. Yang ada saya malah sering kesel campur bete  dan nyesel karena lihat nominal rupiah yang ada di catatan pengeluaran. Tapi wong ya duit sudah keluar, mau gimana lagi ...

Friday, March 30, 2018

Ini Dia 5 Gunung Paling Eksotis di Indonesia, Panoramanya Luar Biasa!

Mungkin terkadang kita sering lupa, betapa beruntungnya kita yang terlahir dan hidup di Indonesia (Ah ini saya saja kali yang sering lupa ... Maklum emak-emak hobinya nggak jauh-jauh dari mall). Padahal selain pantai-pantainya yang indah, ada banyak pemandangan gunung-gunung dengan panorama alam yang eksotis bisa kita nikmati bersama keluarga. Meski perlu perjuangan tersendiri untuk bisa mencapai puncaknya, tapi rasanya semua akan terbayarkan ketika ada sebuah pemandangan indah yang menanti.

Friday, March 23, 2018

Membiasakan Anak Menabung Sejak Balita

Sejujurnya sebelumnya saya bahkan nggak pernah terpikirkan akan membiasakan anak menabung sejak dini. Apalagi di usia balitanya. Tapi sejak akhirnya saya menjalani diet, kalau dipikir-pikir kok di rumah banyak makanan terbuang sia-sia karena nggak pernah habis.

Thursday, March 22, 2018

Gimana Kalau Tiba-Tiba Harus Pindah Ke Jayapura???

Sejujurnya seharian ini saya lagi nggak bisa mikir on track karena semalam tiba-tiba dapat kabar ada gosip kalau kami harus mengikuti arah angin ke Jayapura. Awal kecipratan gosip gitu di malam hari langsung bikin saya sesaat leng-lengen alias melongo terpaku tanpa ekspresi. Kalau ditanya gimana perasaan saya kala itu??? Entahlah campur aduk jadi satu. Takut yang jelas perasaan tersebut muncul pertama kali dalam hati. Bahkan sampai bikin hati saya nderedeg nggak berkesudahan.

Monday, March 19, 2018

Terkadang Kita Lupa Sudah Jadi Pelaku Bullying Untuk Anak. Sehingga Membunuh Kreatifitas Anak

"Nggak mau, aku nggak mau soalnya nanti kayak adik ..." begitu ucap si kakak dengan menunjukkan raut jijik beberapa waktu lalu. Mendengar hal tersebut, tentu cukup membuat saya terkejut. Ada apa dengan adik? Apa yang salah dengan adik? Banyak pertanyaan datang silih berganti di kepala saya menghadapi ungkapan si kakak yang sangat spontan kala itu. Nggak sampai di situ, reaksi spontan si kakak yang nggak mau kayak adik kala itu cukup membuat saya sangat baper ketika melihat si adik yang nampak entahlah kecewa atau bagaimana menanggapi si kakak. Tapi jelas terlihat si adik sempat terdiam sejenak seperti mencari jawaban apa yang salah dengan dia. Wah ... bisa jadi sibling rivalry nih jangan-jangan.

Thursday, March 15, 2018

Belajar Mengalahkan Rasa Takut, Saat Suami Dinas Luar Kota ...

Yeiiiii horeeeeee ... Akhirnya naik kelas juga ... Bwahahaha ... Mulai deh sombongnya kumat. Hihi ... Iya dong ah yang begini-ini patut disombongkan! Eh patut dirayakan ... Haha ... Ya sekali-sekali nggak apa-apa kan menghargai usaha diri sendiri, itung-itung buat penyemangat untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik. Oke tapi di luar itu semua saya memang harus banyak bersyukur, karena sepertinya Allah pelan-pelan membukakan jalan agar saya mau belajar menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Sunday, March 4, 2018

Enaknya Jadi "Penulis" Itu ...

"Mbak ... Kamu tuh ibarat orang melahirkan kayak lagi babyblues deh ..." begitu kata seorang teman yang mengibaratkan saya seperti orang kebingungan di tempat baru. "Wah ... Salah tangkap nih kayaknya," begitu batin saya. Iya maklum sejak di tempat baru ini tiba-tiba saya seperti punya banyak energi yang nggak habis-habis untuk menulis di mana saja dan kapan saja. Termasuk di media sosial.
Kalau Yang Ini Namanya Penulis Buku Kas 😅
Nah mungkin itu yang bikin teman saya tersebut menganggap saya lebay bin baby blues, karena apa-apa kok "diceritain".😅

Thursday, March 1, 2018

Tips Lolos Seleksi Antologi Dwi Suwiknyo

Eaaaaa eaaaaa eaaaaa judulnya mengandung umpan. Jadi serius nih mau bagi rahasia "Tips Lolos Seleksi Antologi Dwi Suwiknyo" nih? Ya serius lahhh ... Jadi apa saja rahasianya? Eh tapi sudah pada tahu kan ya siapa mas Dwi Suwiknyo? Kalau belum tahu kenalan dulu gih ... Mosok nggak kenal penulis banyak buku islami best seller di indonesia ini.
Bukunya yang Paling Nge-Hits

Ternyata Begini Ya Rasanya Milih Sekolah Anak ...

Musim pendaftaran sekolah telah tiba, dan ternyata taraaaaa, kami pun jadi salah satu dari sekian banyak orangtua yang dirundung kegalauan dalam memilih sekolah yang sesuai atau setidaknya paling mendekati visi misi keluarga kami. Alasannya sederhana, karena memang di dunia ini nggak akan ada yang sempurna. Duh jadi pengen nyanyi 😂😅

Time Run Go Fast
Perasaan Baru Kemaren Brojol
Eh, Sekarang Sudah Mau Masuk Sekolah 😍😘

Monday, February 26, 2018

Jalani, Nikmati, Syukuri

Mungkin sebagian teman-teman sudah banyak yang dengar tentang buku "Jalani, Nikmati, Syukuri" ini. Iya ini salah satu buku yang ditulis oleh salah satu penulis buku islami best seller di Indonesia Dwi Suwiknyo.
Oke, jadi pertama kali saya melihat sampul buku tersebut, sebenarnya mata saya langsung tertuju pada tulisan "Jangan Lupa Bahagia" di bagian depan sampulnya. Lho kenapa?

Friday, February 16, 2018

Diet Keto Bisa Bikin Mati? Hoax atau Fakta?

Siang itu seorang sahabat tiba-tiba mengirim pesan via wa pribadi kepada saya, konon katanya ia baru saja mendapat berita kalau ada pasien yang meninggal dunia karena diet keto. Ia juga melampirkan sebuah SS instagram story tentang berita tersebut. Lantas saya membaca sejenak ... Kemudian saya tersenyum, ya meski agak sedikit ngeri juga. Hehe ... Lho kenapa???


Jadi bener ya diet keto itu bisa bikin mati???

Wednesday, January 17, 2018

Belajar Memahami si Adik

Sudah hampir 2 minggu ini, kami mendapat tugas dari kelas bunsay Level 7 Institut Ibu Profesional untuk mengamati minat dan bakat anak-anak, agar kedepannya kami sebagai orang tua bisa fokus mensupport minat dan bakatnya dengan tepat.

Tuesday, January 16, 2018

Kakak Suka Menggambar. Apakah Minat atau Sekedar Hobi?

Akhir-akhir ini saya sering melihat si kakak suka sekali menggambar. Bahkan dia pernah sekali merasa sedih ketika tanpa sengaja saya membereskan kertas-kertas yang ternyata dianggapnya karya masterpiece nya.

Monday, January 15, 2018

Kreatif atau Hiperaktif? Si Adik Nyungsep di Bak Mandi

Pagi ini sejujurnya saya sempat dibuat sport jantung sama si adik. Jadi ceritanya, seperti biasa kakak adik minta diijinkan bermain gadget. Saya pun mengijinkan dengan syarat, mereka harus sudah sarapan dan mandi dulu. Jadi oke, mereka pun sepakat makan dulu, karena memang jam makan sudah terlambat. Nah, setelah makan ini mereka buru-buru minta mandi. Tapi karena saya masih menyelesaikan beberapa pekerjaan di dapur, jadi mereka mandi, sembari sesekali saya bantu menyiapkan apa yang dibutuhkan mereka selama di kamar mandi.

Sunday, January 14, 2018

Mencoba Menggali Minat Kakak Adik dari Keseharian

Maksud hati pagi ini maunya main ke pasar, terus lanjut ke pantai. Apa daya, tiba-tiba kehabisan air. Mau nggak mau kami harus nunggu air datang. Jadi ya sudah sembari nunggu air kami nggak ngapa-ngapain selain nonton tv sambil menebar bauk asem karena belum mandi. Lah gimana mandi kalau airnya saja nggak ada 😅

Saturday, January 13, 2018

Belajar Memahami Minat Bakat Anak

Hari ini, kami memutuskan untuk mengunjungi kebun raya balikpapan, bersama suami, anak-anak, juga ibu dan adik saya. Dari kunjungan tersebut saya banyak belajar.

Friday, January 12, 2018

Pentingnya Sebuah Pengakuan dan Penghargaan

Ibu rumah tangga, mungkin begitu salah satu sebutan yang sering membuat kita merasa diabaikan, disepelekan atau entahlah apa lagi namanya. Saya sendiri ingat betul ibu pernah curhat karena mendengar ada seorang kerabat yang mengatakan kurang lebihnya, "Ngapain sekolah apoteker itu sudah ada contohnya lulusan apoteker pengangguran."
Permisi Ibu Rumah Tangganya Lagi Olah Raga
Hehe ...

Thursday, January 11, 2018

Anak 2 Berasa Anak 10??? Salahnya Di mana???

"Duh ... Anak cuma 2 aja kok berasa kayak anak 10 sih!" Begitu canda ibu saya kalau melihat tingkah duo kakak adik ini. Sebenarnya saya sendiri mengakui, kalau adakalanya saya suka mumet dan ngerasa nih duo bocils kok kayak gangsing 😅
Anteng Sesaat Pas Nonton TV 😅
Tapi apa iya anak disuruh nonton TV mulu 😅

Wednesday, January 10, 2018

Kapan Usia Tepat Anak Masuk Sekolah??? Pertanyaan Yang Sering Bikin Galau Sebagian Ortu

Sebenarnya sudah lama, saya sering membaca pembahasan tentang kapan usia tepat anak sebaiknya sekolah? Teorinya sih gampang, kebanyakan akan menjawab usia 7 tahun sebaiknya anak baru dimasukkan sekolah tingkat SD. Hal ini dikaitkan dengan teori kapan anak sebaiknya diajarkan calistung alias membaca menulis dan berhitung. Di mana sudah banyak dibahas, salah satu info yang pernah saya dapat dari salah seorang sahabat yang dulunya pernah bergelut di bidang pendidikan, bahwa ketika usia 7 tahun, anak akan siap belajar calistung karena terkait dengan bagian otaknya.

Tuesday, January 9, 2018

Menggali Minat, Bakat, dan Potensi Anak

Beberapa waktu lalu, saya sempat berdiskusi dengan salah satu sahabat, yang dulunya pernah berprofesi menjadi pengajar. Mbak Enji, sebut saja begitu saya memanggilnya. Kalau sebelum-sebelumnya kami suka bahas kapan waktu tepat anak sekolah, sampai apa yang harus kita persiapkan saat mencari sekolah tepat untuk anak, maka kali ini kami membahas soal fokus menggali minat, bakat, dan potensi anak.

Monday, January 8, 2018

Saat Adik (Sempat) Menghilang di Keramaian

Kemaren, saat jalan ber-empat dengan suami juga kakak adik, si adik sempat menghilang dari pandangan sekejap mata. Kami seketika itu juga langsung panik. Gimana nggak panik, kalau tadinya baru saja kami turun dari eskalator semua masih formasi lengkap, kok giliran sampai bawah nggak kelihatan satu.
Gambar : Hanya Ilustrasi

Sunday, January 7, 2018

Usia Berapa Anak Bisa Belajar Renang? Info Les Renang di Balikpapan

Sebenarnya sudah lama, kami (suami dan saya) ingin mencarikan tempat les renang untuk anak-anak, terutama si kakak. Mengingat kami melihat si kakak sangat antusias jika kami ajak berenang dan bermain air.

Saturday, January 6, 2018

Semua Anak adalah Bintang

Fokus pada minat dan bakat anak, adalah cita-cita visi misi suami dan saya, dengan harapan ke depannya anak-anak bisa bertumbuh dengan bahagia, karena bisa bekerja dengan bahagia. Tapi pencarian minat dan bakat tersebut ternyata memang tidak mudah bagi kami, karena bahkan dengan usia kakak adik yang terlalu dekat, selama ini kami berusaha untuk menyamakan mereka agar tidak terjadi Sibling Rivalry.


Friday, January 5, 2018

Bintang Keluarga, Setiap Anak Berbeda dengan Keunikannya

Memiliki anak dengan usia berjarak dekat, ada kalanya membuat kami pribadi tanpa sadar terkadang jadi membandingkan satu sama lain. Biasanya ini terjadi tanpa sengaja, jika salah satu dari mereka terlihat menyebalkan tidak seperti yang saya harapkan. Hingga akhirnya semakin ke sini kami mulai sadar, bahwa mereka memang berbeda karena memiliki keunikan masing-masing. Jadi rasanya nggak adil kalau saya memaksakan mereka harus sama.