Sunday, January 7, 2018

Usia Berapa Anak Bisa Belajar Renang? Info Les Renang di Balikpapan

Sebenarnya sudah lama, kami (suami dan saya) ingin mencarikan tempat les renang untuk anak-anak, terutama si kakak. Mengingat kami melihat si kakak sangat antusias jika kami ajak berenang dan bermain air.


Saya sendiri sempat mencari info kapan waktu yang tepat anak-anak bisa diajarkan berenang.

Setelah baca-baca, saya baru tahu di kota tertentu sebenarnya ada kelas renang untuk Balita. Sayangnya waktu di Surabaya saya belum berhasil menemukan kelas renang untuk balita.

Saya pernah mencoba inbox ke salah satu FB pelatih renang yang saya dapatkan dari perjuangan googling di FB, ternyata menurutnya usia tepat mengajarkan berenang untuk anak-anak itu minimal 4 tahun.

Berhubung saat itu si kakak baru berusia 3 tahun dan si adik 1,5 tahun , ya sudah jadi kami sepakat sementara mengajarkan anak-anak "berani" renang saja. Toh suami selama ini waktu kecil, nggak pakai les berenang, eh gedenya bisa berenang juga. Nggak tahu deh kalau itu gimana ceritanya 😂Mungkin bakat alam, bakat terpendam, atau karena bakat karena terpaksa 😂.

Nah, waktu di Balikpapan, saya iseng-iseng tanya ke sana kemari tentang pelatih renang. Bersyukur langsung mendapat kontak person salah satu pelatih renang di Balikpapan, atas nama Mbak Nina. Saya kemudian mencoba menghubungi nomer kontak Mbak Nina, dan bertanya-tanya terlebih dahulu sekilas tentang kelas renangnya. Tak lupa saya menanyakan apa anak saya yang berusia 2,5 tahun juga bisa ikut kelas renangnya. Ternyata bisa tapi karena usia 2,5 tahun maka kelas yang disarankan adalah kelas privat, karena kalau dicampur kelas reguler kasihan anaknya nanti malah ketinggalan. Masuk akal sih menurut saya.

Nah, berhubung nih kakak adik sudah kayak soulmate, ke mana-mana selalu sepaket, apa-apa selalu sepaket biar nggak iri, jadi akhirnya kami sepakat si kakak adik ikut kelas semi privat, alias privat tapi cuma berdua kakak adik saja. Hehe ...

So far saya perhatikan, si kakak memang lebih cepat menangkap instruksi pelatihnya. Si adik juga bisa, hanya kadang si adik ini masih mood-mood an. Seperti hari ini, tiba-tiba si adik lebih milih duduk cantik di pinggir kolam. Duh, sudah macam turis saja si adik. Hihi ... Okelah nggak apa-apa masih pupuk bawang ini ... Haha ...


Kalau ingat kenapa dulu pelatih di Surabaya menyarankan usia balita ikut renang sebaiknya minimal 4 tahun sebenarnya mungkin lebih ke daya tangkapnya plus moodnya kali ya, di mana si kakak ini memang lebih bisa diajak bargain kalau pas lagi jam les renang. Jadi memang benar, kalau usia di bawah 4 tahun memang sebaiknya kalau mau ikut les renang, ambil kelas privat saja, jadi kalau pas moodnya kurang oke seenggaknya nggak mengganggu teman lainnya.

Oh iya, untuk info detail tentang les renang anak-anak atau mungkin balita bisa langsung hubungi contact personnya mbak Nina saja ya. Hehe ...

CP Les (Kelas) Renang di Balikpapan
Mbak Nina :
CP : 085247607999

No comments:

Post a Comment