Monday, April 23, 2018

Membiasakan Duo Bocils Minum Air Putih dengan Dongeng


Baru kemaren ngobrol sama suami, Alhamdulillah so far selama di Balikpapan anak-anak sehat terus. Kami menebak-nebak mungkin karena hawanya yang sejuk. Lah di sini masih banyak pohon rimbun, yang konon kalau ngobrol sama suami itu sih hutan lindung. Hehe ... ← Ini info dari suami sih pas nanya, "Kenapa sih kok pohon-pohon gede nggak ditebang aja?" Jawaban dia, "Ya karena itu termasuk hutan lindung." ← Embuh bener mbuh nggak ya 😅
Beberapa Pohon dan Tanaman Rimbun yang Membuat Hawa Menjadi Sejuk 
Tapi yang jelas pernah dengar sih ya katanya hutan di Kalimantan itu memang paru-paru bumi. Jadi ya Insya Allah kalau dari segi hawa di sini memang lebih sehat dari pada pas dulu di Jawa. Hehe ...

Meski demikian, ternyata ada 1 PR yang sampai sekarang harus diperjuangkan. Duo bocils ini sekarang tipe yang kalau minum air putih masih harus diingatkan. Mereka doyan sih hanya suka lupa minum 🤦

Nah beberapa hari ini si kakak pakai episode anyang-anyangan. Tiap udah pipis bilangnya masih kebelet pipis lagi 😐
.
Terus lah kok pagi ini ada episode si adik nangis tereak-tereak dari dapur. Kirain apa gitu. Ga taunya dia jawab, "Mamaaaa pipis adik copotttttt ..."

😱😱😱 ← Kaget kirain apa yang copot, ternyata ngompol dia 😅

Curcol ke suami, ditanyain kenapa ...
Ya ga tahu juga. Wong tahunya tadi si adik ini ga bilang mau pipis, dia bilangnya mau cuci tangan di dapur. La kenapa ngompol. Seingat saya juga nggak lagi ngomel lho. Sudah nggak ada tenaga ngomel soalnya puasa 😅


Terus saya jadi mikir jangan-jangan ini anyang-anyangan juga. Jadi solusinya ya sebisa mungkin saya harus rajin mengingatkan mereka minum air putih yang banyak.

Nah kebetulan si adik minta bacakan dongeng cican yang judulnya sakit gigi. Entah gimana saya kok kepikiran ngerubah alur ceritanya mengikuti gambarnya. Hehe ...

Iya di situ kan diceritakan si cican mau diajak ke dokter karena sakit gigi, jadi saya ubah dikit, saya ganti tokoh ceritanya seakan-akan itu adik. Jadi terjadilah obrolan sedikit nyeleneh tapi harusnya berfaedah 😅

Salah Satu Buku Favorit Duo Bocils

👩 : Jadi itu adik nangis soalnya ngompol 😂😂😂
👶 : Lho mamanya ke mana?
👩 : Mamanya di dapur masih masak pagi ...
Jadi itu cincan nangis nyariin mamanya karena ngompol ... "hoahoahoaaaa ... mamaaaaa di mana aku ngompolll ..."
Terus mamanya datang deh nanya, "Kenapa adik ngompol? Adik kan udah gede? Biasanya udah nggak ngompol lho ... Ada yang sakit kah???
👶 : Nggak ...
👩 : Kalau ada yang sakit bilang ya ...
👶 : Iya ma ...
👩: Soalnya kalau ada yang sakit biar diperiksa dokter ... Soalnya kalau sampai ngompol gitu kan kuatir ada yang sakit ...
👶 : Kalau ke dokter diinfus ya ma?
👩 : Ya tergantung ... Dulu kakak pernah diinfus juga gara-gara kurang minum lho dek ...
👶 : *diem langsung*
👩 : Iya pas itu kakak tiba-tiba beberapa kali ngompol, jadi akhirnya mama yayah periksain ke dokter. Eh nggak tahunya si kakak itu kurang minum, jadi suka bingung kalau mau pipis.
👶 : Diinfus? Disuntik? *ngomong sambil mandangin buku cican 😂😅
👩 : Iya ... Jadi adik banyakin minum ya biar pipisnya lancar jadi nggak sampai ngompol. Terus kalau kebelet pipis juga jangan ditahan-tahan ya dek buruan ke kamar mandi kalau mau pipis.
👶 : Iya ma ...
👩 : Nah ya udah buruan minum air putih kalau gitu ...

Self reminder banget pokoknya, kayaknya memang jadi ortu itu harus kreatif ya. Oia dulu pernah baca katanya anak itu jangan ditakut-takutin. Saya setuju sih ... Lah kalau setuju kok malah didongengin mau diinfus dokter segala? So far kalau saya lebih suka mendongeng sesuatu itu yang masuk akal, di mana ketika menceritakan sesuatu saya biasanya suka menjelaskan dengan detail. Harapannya duo bocils bisa belajar memahami tentang sebab akibat dari suatu kejadian.

Ya kayak tadi minum kurang → bisa bikin sakit→ kalau sakit harus diperiksa dokter → pada akhirnya kalau minum kurang bisa bikin dehidrasi jadi ya kalau udah gitu kan harus diinfus. Nah jadi kalau nggak mau diinfus ayuk minum air putih yang banyak.

No comments:

Post a Comment