Tuesday, June 12, 2018

Mual Muntah Episode Hamil Kembar

Duh judulnya seru ya kayaknya 😅. Oke jadi, mumpung malam ini saya lagi nggak bisa tidur karena seperti biasa ada episode kembung di malam hari, jadi saya mencoba untuk berbagi apa yang bisa saya ceritakan di blog saya kali ini.


Seperti yang sering ditanyakan oleh teman-teman ke saya, mualnya gimana sih??? Katanya lebih mual kalau hamil kembar ya karena hormonnya doubel-doubel?


Jujur bahkan awalnya saya tuh nggak ngerasa mual sama sekali. Makanya udah sok kepedean gitu. Eh nggak tahunya makin ke sini mualnya kok makin amsyong 😅.

Saya bahkan baru sadar ternyata rasa mual saya yang sangat dahsyat ini bikin saya masuk kategori nggak mampu ikut puasa ramadhan sebulan penuh. Iya di hari ke 18 atas berbagai pertimbangan memang akhirnya saya memutuskan nggak puasa.

Menghadapi mual ini saya pun mendapat berbagai macam komen dan masukan. Ada teman yang bilang, "Aku kalau tak pakai puasa mualku malah ilang blas lho ..."

Saya cuma bisa senyum sebenarnya, karena ini saya jadi ingat beberapa tahun silam ketika saya hamil si kakak atau si adik bahkan memang iya saya kuat puasa. Ketika saya puasa blas mualnya hilang sama sekali.

Nah kalau yang ini sayangnya pas sahur gitu suka mual dahsyat, jadi bisa dibilang asupan yang masuk nggak maksimal. Kadang bahkan abis sahur sempat muntah, jadi harus yang berjuang bisa makan minum lagi lagi dan lagi sebelum imsa'.

Makanya suami bilang, artinya status saya nggak mampu puasa. Wong sahur aja susah.

Oke, jadi saya mencoba mengikuti saran suami dan beberapa teman untuk nggak puasa. Biar orang mau berkata apa, dibilang lebay lah, cemen lah, terserah ... Haha ... Soalnya ya gimana memang gimana-gimana kita yang paling tahu kondisi kita kan ...

Nah, tapi meski demikian setelah saya memutuskan nggak puasa, kok ya mualnya masih tetep dahsyat. Saya sempat mikir duh kalau gini harusnya saya tetap puasa saja kali ya. Tapi setelah menimbang-nimbang, kayaknya nggak juga sih. Soalnya selama saya mengambil keputusan nggak puasa setidaknya saya nggak lemes seharian, jadi saya bisa tetap menemani si kakak adik beraktivitas sesekali, karena kalau mual datang ya pelarian saya ke kulkas. Nggak kayak pas puasa kemaren bawaannya ya saya pakai tidur seharian ngelemprek kalau pas mualnya datang.

Iya selama saya nggak jalani puasa ini, memang saya sudah kayak soulmate sama kulkas. Kalau pas mual datang saya sudah yang nggedemprok di depan kulkas mikir apa yang kira-kira bisa menenangkan mual yang sedang bergejolak ini. Mikirnya itu harus benar-benar perjuangan, soalnya kalau salah pilih yang ada enak di awal tapi nggak sampai semenit saya harus buru-buru ke toilet, karena udah langsung keluar sinyal hoek-hoek mak byor.

Jadi memang rasanya tuh serba salah. Mau makan mak byor, nggak makan perut kembung nggak karuan juga sampai bikin mual 😐

Pola diet KF saya? Sudah please jangan ditanya, karena saya sudah lambaikan tangan ke kamera. Sempat ada yang kasih saran kuat-kuatin mbak, sounding-sounding kalau ikan itu enak. Duhhhhh boro-boro ya ikan, kepiting favorit saya ada di depan saya saja saya langsung lambaikan tangan ke meja 😐

Iya saya ketemu ikan-ikanan macam lele, gurami, mujair mau dibumbu apa saja , seafood macam kepiting, unggas-unggasan macam ayam sama bebek itu sudah horor rasanya. Lho la terus bisanya makan apa???

Jujur, bahkan lihat foto kepiting ini saya langsung horor, ngerasa mual 😐

So far menu daging ini entah gimana memang juara banget nyelamatin mual muntah saya, cuman ya kalau disuruh daging tiap hari kan ya ngeri ya. 😐

Lah terus???
Ya sudah jadi saya selang seling sama telor dan tahu tempe rebus, yang lagi-lagi jadi penyelamat mual muntah saya ...

Oh iya seorang teman yang hamil juga sempat nanya, ke saya bagaimana asupan air putih saya??? Alhamdulillah insya Allah aman, saya masih bisa minum mungkin sekitar 3 L sehari (bahkan mungkin lebih).

Lho gimana caranya???
Hampir sama sih seperti hamil kakak-kakaknya. Untuk air putih ini memang harus merk tertentu. Sedikit mahal memang dari merk lain, lah tapi gimana selama hamil memang merk itu yang paling bisa nyaman diminum. Oh iya plus saya akalin airnya musti dingin. Hehe ...

So far minum air dingin ini juga bisa mengurangi mual. Cuma tantangannya satu, kalau tiap mual minum air putih dikit-dikit, ya mau nggak mau dikit-dikit saya musti ke toilet. Beser bo' ... Ya kayak malam ini 😅
Es teh tawar juga jadi salah satu penyelamat mual kali ini ... 😍😍😍

Oh iya ngomong-ngomong soal mual, Alhamdulillah hari ini seharian saya berhasil mencapai rekor muntah sekali saja.

Lho kok bisa???
Iya setelah saya koreksi sepertinya memang asupan makanan saya hari ini lebih nggilani dari sebelum-sebelumnya.

Kalau diitung pakai frekuensi mungkin hampir tiap 10 - 30 menit saya buka kulkas .😅

Nyari apa??? Nyari apa yang bisa dimakan dikit-dikit.

Hari ini saja entah saya sudah menghabiskan stok makanan berapa hari ke depan, yang jelas saya sudah makan :

❤️ Buah kiwi dari 4 udah sisa 1
❤️ Susu kedele udah habis 🤣
❤️ Jambu biji baru beli sewadah potongan tinggal dua iris
❤️ Cireng sisa 9 udah habis
❤️ 1 slice beefnya burger
❤️ Snack rumput laut sebungkus
❤️ Pisang hasil kotakan semalam
❤️ Biskuit coklat lebaran
❤️ Yakult 1

*itu baru sesiangan ya belum yang sampai malam ini 🤦

Penyelamat mual malam ini 😅

Laporan ke suami, diketawain suami. Kata suami nggak apa-apa deh yang penting twin sehat. Aminnnnnn ...

Jadi ingat kemaren, pas mau diajak keluar saya minta belok ke warung, beli stok camilan :
❤️ Dadar jagung 2
❤️ Tahu goreng 3
❤️ Pisang goreng 2
❤️ Tahu isi 2

Niatnya sih siapa tahu anak-anak ikut minta. Awalnya sih nggak habis, tapi pas akhirnya bahkan menjelang buka puasa niatnya mau nyisain tahu isi 1 sama tahu goreng 2 buat suami, kok ya tetep dimakan sendiri 😂🤣

Kata suami, "Nggak apa-apa deh makan saja, yang penting kamu bisa makan. Aku mah nanti gampang bisa cari apa saja."

Antara tega nggak tega sebenarnya, tapi ya ada benarnya, kalau dia kan makan apa saja nggak pakai mual muntah-muntah. Lah saya kan mikir makanan cocok saja perjuangan, jadi ya sudah ketika ada yang cocok bikin nggak mual saya mikirnya egois dikit nggak apa-apa deh. 🤦

Oiya hal lainnya yang saya coba lakukan selain nyemil nggak berkesudahan biar nggak mual, ternyata ketika saya pakai ngaji mualnya lumayan hilang. Tapi kalau ngaji ini tantangannya satu, entah gimana saya sering ngos-ngos-an. Kayaknya mungkin karena hamil, perut mbelending, jadi bikin nafas saya lebih pendek-pendek ya. Tapi ya nggak apa-apa sih, jadi saya anggap ngaji ini salah satu bagian saya mulai belajar olah nafas lagi sejak dini. Hehe ...

Terus hal lainnya, ternyata yang bikin mual saya lumayan berkurang adalah dimanja. Bwahahaha ... Yang ini bukan modus ya ... Tapi asli ketika saya minta peluk suami, mual saya kayak kabur. Eh dipeluk kakak adik juga lumayan membantu sih 😍. Ih asli kerasanya jadi so sweet banget.

Menu yang seperti ini nyelametin banget ...
Tapi nggak nyelametin isi kantong 😂😅
Jadi sesekali saja ya ... 😅

Sisanya ya paling saya minta dielus-elus punggung sama suami gantian sama kakak adik. Ya kali masak kalau di luar mau pelukan mulu. 😂😅

Kadang kalau nggak gitu, elus-elus perut juga lumayan bikin mual kembung ilang. So far minyak kayu putih malah nggak banyak membantu, karena kali ini saya malah agak gimana gitu sama bau minyak kayu putih.🤦

Terus sesekali kalau pas mual dahsyatnya datang, ya nggak dipungkiri saya masih suka ngeluh ke suami, tapi bolak balik suami kasih semangat ke saya. Di situ saya berusaha untuk selalu istighfar, karena saya sadar bahwa di luar sana banyak perempuan yang bahkan mau menukar segalanya demi bisa merasakan mual muntah yang dahsyat ini, dan saya pun bahkan tidak ingin menukar rasa mual muntah yang dahsyat ini dengan apapun, yang penting kondisi twin yang ada dalam kandungan saya selalu tumbuh sehat wal'afiat. Kalau kata saya mah, biarin saya mual muntah hoek hoek mak byar byor yang penting janin-janin yang saya kandung ini sehat terus. 💪😍

Iya konon katanya hamil dengan mual muntah yang dahsyat itu pertanda kehamilan kita sehat. Jadi ya so far mari kita nikmati rasa mual ini dengan aman, nyaman, dan bahagia 💪😍

Oh iya so far saya belum bisa makan nasi sama sekali ya ... Hehe ...

1 comment:

  1. Hamil kembar double ya Mbakk rasa mual dan muntahnya. Semoga sehat selalu Mbak dan para bayikkk 😘😘

    ReplyDelete